Peresmian 10.550 Panel Surya oleh Gubernur Jawa Timur di Fasilitas Produksi PT. HM Sampoerna Mendapat Apresiasi Tinggi

0
32

BI – Sebanyak 10.550 panel surya yang dipasang di atas tanah atau ground mounted di Fasilitas Produksi PT. HM Sampoerna di Sukorejo Kab. Pasuruan telah resmi diluncurkan pada Jumat lalu. Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan layar LED dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto, serta President Director PT. HM Sampoerna Tbk Vassilis Gkatzelis.

Panel surya seluas 7 hektar ini memiliki kapasitas listrik sebesar 7 Megawatt peak (MWp) atau setara dengan daya yang cukup untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana. Inisiatif tersebut juga melibatkan penanaman 999 pohon di sekitar area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan peluncuran panel surya tersebut, menyatakan bahwa hal ini sebagai bagian dari komitmen PT HM Sampoerna untuk menguatkan renewable energy di basis perusahaan. Ia berharap inisiatif tersebut bisa menjadi referensi bagi korporasi lain dalam melakukan konversi energi berbasis fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

Gubernur Khofifah juga menekankan pentingnya pemanfaatan solar panel untuk kebutuhan industri sebagai bentuk implementasi nyata dalam mewujudkan peningkatan pemanfaatan EBT, penurunan emisi gas rumah kaca, dan pencapaian target bauran energi di Jawa Timur. Ia berharap agar langkah-langkah serupa dapat diadopsi oleh perusahaan lain demi mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah turut memberikan apresiasi penuh kepada PT. HM Sampoerna atas inisiatif ini. Ia berharap langkah-langkah pemanfaatan EBT terus berlanjut dan dikembangkan oleh semua pihak, sebagai bentuk komitmen luar biasa dalam mewujudkan energi ramah lingkungan.

Di sisi lain, President Director PT. HM Sampoerna Tbk. Vassilis Gkatzelis menjelaskan bahwa panel surya di Pasuruan merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung program keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”. Pengoperasian panel surya ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas alam sekitar 67 persen dan emisi listrik sekitar 24 persen.

Gubernur Khofifah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PT. HM Sampoerna yang juga telah melakukan pendampingan kepada pelaku industri mikro, kecil, dan menengah melalui program Sampoerna Retail Community. Ia menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna memberikan manfaat tidak hanya bagi pelaku retail tetapi juga bagi pelaku desa wisata di Jawa Timur.

Peresmian panel surya ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Pj. Bupati Pasuruan, Dandim 0819/ Pasuruan, Kapolres Pasuruan, Sekda Kab. Pasuruan, President Director PT. HM Sampoerna Tbk, Direktur PT. HM Sampoerna, Ka. Bappeda Prov. Jatim, Ka. Bakorwil Malang, Ka. Dinas ESDM Prov. Jatim, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Leave a reply