Peningkatan Nilai Manufacturing PMI Terjadi pada Negara Mitra Dagang Utama Jawa Timur

0
41

BI – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) telah mencatat bahwa pada bulan Oktober 2023, peningkatan nilai Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) terjadi pada negara mitra dagang utama Provinsi Jawa Timur, yaitu Jepang dan Amerika Serikat.

Pada periode yang sama, penurunan nilai manufacturing PMI terlihat pada Tiongkok, India, dan Thailand.

Menurut informasi yang dikutip dari laman BPS Jatim pada tanggal 30 November 2023, salah satu negara tujuan ekspor olahan ikan, krustacea, dan moluska adalah negara Jepang, seperti diungkapkan oleh Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Jatim, Debora Sulistya Rini.

Pada bulan Oktober 2023, PT Perikanan Indonesia di Mayangan, Jawa Timur, melaksanakan ekspor perdana dengan mengirimkan 3,5 ton cuttlefish fillet atau sotong filet kepada pembeli di Jepang, dengan valuasi mencapai Rp456 juta.

Produk sotong filet ini termasuk dalam kategori value-added product berkualitas grade A yang dipasok untuk sajian mentah atau bahan sashimi.

Debora Sulistya Rini juga menjelaskan bahwa golongan HS 2 digit utama impor Jawa Timur pada bulan Oktober 2023 meliputi HS 84 (Mesin dan peralatan mekanis), HS 10 (Serealia), dan HS 72 (Besi dan baja).

Komoditi impor pada kelompok HS 10, seperti gandum dan beras, tetap menjadi fokus, dengan gandum sebagian besar diimpor dari Kanada, Amerika Serikat, dan Rusia, sementara beras sebagian besar diimpor dari Vietnam dan Thailand

Leave a reply