Sido Resik Sidoarjo: Desa Sumorame Menjadi Destinasi Wisata Edukasi

0
44

BI – Hj. Sa`adah Ahmad Muhdlor, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Sidoarjo, bersama tim dewan juri Sido Resik (Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali) 2023, melakukan penilaian di Wisata Sido Resik Cimorame, Desa Sumorame, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Ning Sasha, penggagas Sido Resik 2023, menyampaikan bahwa penilaian tersebut merupakan tahap akhir untuk menentukan pemenang dari 10 nominasi, dimana 6 terbaik akan menjadi juara. Ia mengapresiasi perkembangan signifikan di dua desa yang telah dinilai sebelumnya.

Salah satunya adalah Sido Resik Cimorame, yang dijelaskan sebagai destinasi wisata edukasi ideal untuk keluarga, terutama yang memiliki anak usia PAUD hingga Sekolah Dasar. Dengan konsep wisata edukasi, Sido Resik Cimorame menawarkan pengalaman unik, mulai dari lahan tanaman toga hingga kandang hewan yang teratur.

Spot foto yang menarik juga menjadi daya tarik, sementara penataan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut memberikan kontribusi pada perekonomian lokal. “Kebersihan dan tata ruang yang baik akan berdampak positif pada ekonomi lingkungan sekitar, memberikan peluang warga untuk berjualan dan meningkatkan penghasilan,” tambah Ning Sasha.

Rochmanu, Kepala Desa Sumorame, menegaskan bahwa program Sido Resik telah menciptakan keharmonisan dan gotong royong di desa. Program ini tidak hanya membawa kebersihan dan menambah destinasi wisata, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan warga. Dia berterima kasih kepada seluruh warga yang bersama-sama berkolaborasi menjadikan sungai di Desa Sumorame sebagai destinasi wisata yang membanggakan.

Sungai setiap malamnya menjadi pusat aktivitas warga dengan lebar 5 meter dan panjang 400 meter, membentang melintasi perumahan Mutiara Citra Asri. Ini adalah bukti nyata bagaimana Sido Resik berhasil mengubah kawasan sungai menjadi destinasi wisata yang ramai, memberikan dampak positif pada ekonomi masyarakat dan meningkatkan kehidupan sosial di Desa Sumorame.

Leave a reply