Tingkat Hunian Kamar di Jatim: Data Terbaru dari BPS

0
16

BI – Menurut data terbaru dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), industri perhotelan di wilayah tersebut menunjukkan kinerja yang menggembirakan pada bulan Oktober 2023. Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang mengalami peningkatan signifikan, mencapai rata-rata 56,64 persen, naik sebesar 2,73 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

Hasil survei BPS Jatim juga menyoroti prestasi gemilang dari hotel berbintang empat, dengan TPK mencapai puncak tertinggi sebesar 60,99 persen. Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Jatim, Debora Sulistya Rini, menyampaikan bahwa pencapaian ini menandakan kepercayaan tinggi dari para pengunjung terhadap layanan hotel berbintang.

Tidak hanya itu, sektor hotel non-bintang juga turut merasakan peningkatan, dengan TPK mencapai rata-rata 24,30 persen, naik sebesar 0,19 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk menginap di berbagai jenis akomodasi terus meningkat.

Sementara itu, data mengenai Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) asing di hotel berbintang mencuri perhatian. Pada Oktober 2023, RLMT asing mencapai 1,87 hari, mengalami peningkatan sebesar 0,45 poin dari bulan sebelumnya. Secara keseluruhan, RLMT pada bulan Oktober mencapai 1,49 hari, menandakan peningkatan 0,05 poin dari bulan September 2023.

Data ini memberikan gambaran positif tentang perkembangan industri perhotelan di Jawa Timur, menunjukkan bahwa destinasi ini semakin diminati oleh wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Leave a reply