PLN Mendorong Inovasi dan Pengembangan Bisnis Digital melalui Startup Day

0
25

BI – PT PLN (Persero) menggelar acara Startup Day Connext dengan tema “Spark The Future: PLN as The Epicentrum for Energy Startups” di Jakarta pada Selasa (12/12). Tujuan utama acara ini adalah untuk memperkuat misi PLN sebagai pusat bagi startup energi dan bisnis di luar kelistrikan di Indonesia, serta mendukung pencapaian target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menekankan dukungan pemerintah untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan startup di Indonesia. Hal ini dianggap penting karena Indonesia saat ini menempati peringkat keenam dalam jumlah startup di dunia dan peringkat kedua di Asia Tenggara. Potensi Indonesia yang besar, tingginya pengguna internet, daya saing yang menjanjikan, dan pertumbuhan ekonomi yang kuat menjadi faktor penting dalam mendukung inisiatif startup.

Nezar menyatakan dukungannya terhadap upaya PLN dalam mendukung startup untuk mengembangkan inovasi teknologi. Menurutnya, langkah PLN ini sangat strategis dalam era digital.

Tedi Bharata dari Kementerian BUMN menegaskan pentingnya membangun ekosistem yang sehat bagi startup guna mencapai visi Indonesia Emas 2045. Dia menyebut bahwa Kementerian BUMN telah membuka pintu lebar bagi kolaborasi antara startup dan BUMN dalam transformasi menuju inovasi dan teknologi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa perputaran uang dalam ekosistem PLN mencapai Rp 600 triliun per tahun. Dia berharap startup yang terlibat dalam program PLN Connext dapat menjadi bagian dari ekosistem ini melalui kemitraan produktif dan inovatif dengan PLN.

PLN membuka kolaborasi dalam tiga kategori utama: fokus pelanggan dan ekosistem pintar, energi alternatif, dan model ekonomi bersama. Ketiga kategori tersebut bertujuan untuk menggali inovasi teknologi dalam mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan energi terbarukan.

Pada tahun 2024, PLN berencana mengambil peran aktif sebagai episentrum startup energi dan bisnis di luar kelistrikan dengan berbagai inisiatif, termasuk pembangunan komunitas startup, penjajakan dengan startup global, dan program akselerasi kolaborasi serta inkubasi.

PLN juga meluncurkan komunitas “Startup Energi dan Beyond kWh” dengan harapan dapat mendorong terbentuknya perusahaan rintisan unicorn. Rudiantara, Chairman Nexticorn Foundation, menyambut baik peran strategis PLN sebagai economic power house atau inkubator, berharap kontribusi PLN dapat menjadi pemicu munculnya banyak unicorn baru di sektor energi di Indonesia.

Leave a reply