Jatim Raih Predikat Provinsi Paling Aman di Jawa dan Teraman Kelima se-Indonesia

0
30

BI – Provinsi Jawa Timur meraih predikat sebagai provinsi paling aman di Pulau Jawa dan menempati peringkat kelima teraman di seluruh Indonesia, berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS). Angka kejahatan di Jawa Timur tercatat sebesar 0,38%, menjadikannya provinsi dengan persentase korban kejahatan terendah di Pulau Jawa.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan kegembiraannya atas prestasi ini dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Rabu (27/12). Ia mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing guna mempertahankan kondisi yang kondusif.

“Jawa Timur menduduki peringkat pertama sebagai provinsi teraman di Pulau Jawa dan peringkat kelima teraman secara nasional. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan, agar semua merasa aman dan nyaman di Jawa Timur. Kita perlu ingat bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena niat, tetapi juga karena ada kesempatan,” ungkap Gubernur Khofifah.

Khofifah juga menyoroti kolaborasi dan sinergitas luar biasa antara unsur tiga pilar plus di Jawa Timur, termasuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, DPRD/Parpol, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Ia menyatakan rasa terima kasih atas kontribusi semua pihak yang turut berperan menjaga kondisi aman dan damai di provinsi tersebut.

Menurutnya, kondisi yang aman dan tertib memiliki dampak positif pada berbagai sektor, seperti pendidikan, iklim investasi, dan kesejahteraan masyarakat. Khofifah mengajak semua pihak terlibat aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif.

Dalam menghadapi tahun politik, Gubernur Khofifah menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak terpancing oleh isu-isu tidak benar atau berita hoaks yang dapat mengganggu kondusifitas daerah. “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, sehingga semua akan merasa nyaman berada di Jawa Timur, dan kondusifitas tetap terjaga,” pungkasnya.

Leave a reply