Jawa Timur Pimpin Indeks Kerukunan Umat Beragama 2023 di Atas Rata-Rata Nasional

0
105

BI – Pada tahun 2023, Provinsi Jawa Timur berhasil mencatat prestasi gemilang dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) mencapai 77,55, melebihi rata-rata nasional sebesar 76,02. Hasil ini berdasarkan data Pusaka Kemenag Super App yang baru dirilis.

Penilaian KUB melibatkan tiga dimensi utama, yakni toleransi (74,47), kesetaraan (77,61), dan kerja sama (76,00). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berkontribusi menjaga kerukunan di wilayah tersebut.

Dalam pernyataannya, Gubernur Khofifah menegaskan pentingnya kerukunan umat beragama untuk membangun saling menghormati dan kepercayaan. Kestabilan kondisi sosial di Jawa Timur dianggap sebagai cerminan positif yang dapat berdampak pada tingkat nasional.

Menyambut pencapaian ini, Khofifah optimis bahwa kerja sama di masa mendatang akan meningkatkan pencapaian positif Indeks KUB. Ia juga menyoroti bahwa kestabilan ini dapat memberikan dampak positif pada keadaan masyarakat menjelang Pemilu 2024 yang akan dilakukan dua kali dalam setahun.

Pemerintah Jawa Timur secara aktif terlibat dalam memperkuat moderasi beragama, menjadikan kerukunan umat beragama sebagai salah satu program prioritas. Gubernur Khofifah mengakhiri pernyataannya dengan memberikan penghargaan kepada seluruh elemen strategis di Jawa Timur, termasuk aparat, tokoh agama, dan masyarakat yang turut berperan dalam mewujudkan suasana aman, damai, dan harmonis di provinsi tersebut.

Leave a reply