Capaian Gemilang: Produksi Perikanan Tangkap Jawa Timur Menduduki Posisi Tertinggi di Indonesia

0
27

BI – Dengan penuh keyakinan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengekspresikan optimisme terhadap pencapaian peningkatan kemandirian pangan yang diharapkan terwujud pada tahun 2023. Kesuksesan ini didukung oleh lonjakan produksi berbagai komoditas pangan di berbagai sektor, khususnya dalam produksi perikanan tangkap, yang mencapai tingkat tertinggi di Indonesia pada tahun yang sama.

Peningkatan kemandirian pangan merupakan fokus utama pembangunan di Jawa Timur, diiringi dengan peningkatan manajemen sumber daya energi. Produksi perikanan tangkap di Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai 590.685,8 Ton, melampaui prestasi wilayah-wilayah di Timur Indonesia seperti Maluku (587.988 Ton) dan Sulawesi Tengah (568.393,4 Ton).

Komoditas unggulan perikanan tangkap di Jawa Timur meliputi tongkol dengan produksi 65.532,3 Ton dan lemuru dengan produksi 79.952,3 Ton. Sementara itu, perikanan budidaya mencapai hasil produksi tertinggi dengan tiga komoditas andalan, yakni rumput laut (733.368,1 Ton), bandeng (162.788,1 Ton), dan lele (157.770,7 Ton).

Tak hanya memenuhi kebutuhan lokal, produksi perikanan ini berhasil menembus pasar internasional. Jawa Timur menjadi peringkat pertama dalam ekspor perikanan di antara provinsi lainnya, dengan capaian mencapai 362.294 Ton selama periode Januari hingga Desember 2023.

Gubernur Khofifah mengapresiasi peran semua pihak, terutama para nelayan, petani tambak, dan Kelompok Tani Nelayan Andalan yang menjadi pilar utama dalam penguatan sektor perikanan. Ia berharap pencapaian ini akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, terutama mereka yang berada di pesisir dan petani tambak di Jawa Timur.

Sementara itu, Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, sejalan dengan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ini merupakan langkah menuju terwujudnya program prioritas peningkatan kemandirian pangan dan pengelolaan sumber daya energi yang menjadi fokus utama dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Dengan capaian gemilang ini, sektor kelautan dan perikanan di Jawa Timur turut berperan penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, di mana produk ikan menjadi asupan pangan utama untuk generasi emas tersebut.

Leave a reply