Festival Reog Ponorogo Masuk Deretan 110 Event Berkualitas di Indonesia

0
42

BI-Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) mencetak trigol (hattrick) masuk Kharisma Event Nusantara (KEN). Tiga tahun berturut-turut sejak 2022, festival tahunan yang selalu menandai peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo dan Grebeg Suro itu selalu menempati ranking atas 110 unggulan event-event berkualitas di Indonesia.

‘’Kita bersaing ketat dengan ribuan event lainnya dari 38 provinsi. Tim kurator dari Kemenparekraf tetap memutuskan FNRP layak masuk KEN,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, Selasa (30/1/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Sandiaga Salahudin Uno, meresmikan 110 event terbaik di Indonesia itu dalam sebuah acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada 27 Januari lalu. Beragam kegiatan mulai pentas budaya, carnival, pertunjukan seni, konser musik, dan pasar kuliner yang masuk KEN itu terjadwal rapi dalam kalender wisata 2024.

Menurut Judha, tim kurator bentukan Kemenparekraf memberikan penilaian dari aspek event, pemberdayaan seniman, pelaku jasa pariwisata, dampak terhadap perekonomian, dampak terhadap pariwisata, regenerasi kebudayaan, serta sinergi pemerintah dengan seniman dalam penyusunan daftar KEN. ‘’Festival Nasional Reog Ponorogo memenuhi semua aspek-aspek penilaian tersebut,’’ jelasnya.

Namun, muncul tanggung jawab yang besar bersamaan FNRP kembali menduduki ranking atas KEN. Yakni, upaya mempertahankan kualitas event, menata manajemen kegiatan, dan menggalu inovasi agar kualitas festival tetap terjaga. ‘’Masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) adalah sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus mengandung tanggung jawab besar,’’ ungkap Judha.

Yang terang, FNRP tercatat sebagai festival berkelas nasional dengan durasi terpanjang. Berlangsung selama empat malam berturut-turut, festival yang sudah tergelar 27 kali itu menampilkan puluhan grup reog secara bergiliran. Berada di urutan atas KEN menjadikan FNRP memiliki gengsi lebih.**

Leave a reply