Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum Tempati Pertumbuhan Tertinggi Ekonomi Jatim

0
39

BI-Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat, secara q-to-q pertumbuhan tertinggi ekonomi di Jawa Timur pada triwulan IV-2023 terjadi pada Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, diikuti Konstruksi dan Transportasi Pergudangan.

Mengutip laman Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Jumat (16/2/2024), Kepala BPS Jatim menuturkan lapangan usaha yang memberikan sumber pertumbuhan besar dalam perekonomian Jawa Timur secara q-to-q berturut-turut adalah Industri Pengolahan, Konstruksi, dan Penyediaan Makan Minum.

“Lapangan usaha yang mengalami kontraksi adalah Pertanian, Pertambangan, Jasa Keuangan, Jasa Kesehatan, dan Jasa Kesehatan,” ujarnya.

Ia pun menerangkan, mengenai kinerja leading sectors di Jawa Timur secara q-to-q pada triwulan IV-2023. Di industri pengolahan, peningkatan tampak di industri makanan minuman serta industri tekstil dan pakaian jadi akibat meningkatnya permintaan domestik.

Kemudian di perdagangan, terjadi perlambatan akibat menurunnya penjualan kendaraan bermotor. Nampak pula dari penurunan pendapatan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) I. Sementara di konstruksi, kinerja triwulan ini didorong oleh tingginya realisasi belanja infrastruktur baik dari APBN maupun APBD, serta menggiatnya konstruksi swasta.**

Leave a reply