Pembebasan Pajak Impor Bisa Bikin Harga Kendaraan Listrik Lebih Murah

0
20

BI-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) menyambut baik kebijakan pembebasan pajak impor yang memungkinkan harga kendaraan listrik lebih terjangkau.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Hipmi Otomotif Hasstriansyah mengatakan, pemerintah dalam kebijakannya melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membebaskan pajak impor yang memungkinkan kendaraan listrik (EV) dapat dibangun di Indonesia.

“Hal ini mendorong target Kementerian Investasi/BKPM dan Kementerian Perindustrian dalam peningkatan realisasi investasi dan pembangunan pabrik kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya, Rabu (28/2/2024).

Berbagai kebijakan pro EV akan membuat pabrikan pabrikan besar seperti BYD, Wuling, Hyundai, VinFast akan berkompetisi menurunkan harga jualnya kepada masyarakat.

Hal ini membuat harga kendaraan listrik semakin terjangkau di pasaran dan akan berdampak positif pada percepatan transisi dari mobil bensin ke mobil listrik.

Hipmi juga optimistis saat ekosistem dan infrastruktur hilirisasi industri kendaraan listrik ini sudah berjalan lengkap, Indonesia nantinya bisa bersaing sebagai produsen mobil listrik nasional.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerbitkan aturan pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) atas impor mobil listrik completely built up (CBU) dan penyerahan mobil listrik completely knocked-down (CKD) untuk tahun anggaran 2024.**

 

Leave a reply