Komunal Dorong BPR Lakukan Transformasi Digital

0
208

BI – Dalam sesi talkshow dengan CNBC Indonesia, Selasa, 28/3/2023, Co-Founder & CEO Komunal, Hendry Lieviant mengungkapkan strategi dan tantangan Komunal sebagai startup Fintech P2P Lending untuk mendorong inklusi keuangan melalui kemudahan pembiayaan UMKM melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR/BPRS).

Komunal memanfaatkan perkembangan teknologi fintech untuk bekerjasama dengan BPR/BPRS guna mendorong inklusi keuangan lewat penyaluran kredit ke sektor UMKM. Komunal sendiri merupakan perusahaan berbasis teknologi finansial yang membantu menciptakan hubungan antara UMKM berpotensi dan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Menurut Hendry, dalam transformasi BPR diperlukan kemauan dari berbagai pihak, tidak hanya direksi dan pemegang saham tetapi juga para stakeholder seperti staf BPR dan nasabah. Maka dari itu perlu dilakukan edukasi secara terus menerus tentang kelebihan dan manfaat digitalisasi BPR serta memberikan insentif tertentu.

Para stakeholder harus diubah cara berpikirnya, dari yang sudah terbiasa kerja manual sekarang diubah menjadi otomasi secara sistem. Rasa kekhawatiran yang dirasakan oleh staf BPR yang akan tersingkir saat dilakukannya transformasi juga perlu diluruskan dengan meretraining dengan tugas baru seperti mencari lead kredit maupun verifikasi data-data fintech.

Berdasarkan pengalaman yang ada, ketika BPR sudah go digital maka seluruh stakeholder akan merasakan dampak positifnya. Contoh kecil dalam penggunaan tanda tangan digital, hal tersebut sangat memudahkan para stakeholder sehingga bisa melakukan tanda tangan atau transaksi dari mana saja dan kapan saja.

Lebih lanjut Hendry juga menyoroti gap antara core banking dengan lending dan funding sebagai core business BPR yang masih kurang mendukung. Core banking sendiri dibuat pada tahun 90 an sehingga perlu dilakukan pembaruan dan penyesuaian agar memudahkan BPR terhubung dengan core banking sehingga transformasi digital BPR bisa maksimal.**

 

Leave a reply