Hari Raya Nyepi, Bandara dan Penyberangan DItutup

0
28

BI-Handy Heryudhitiawan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mengumumkan penutupan operasional sementara bandara selama 24 jam saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946.

“Pelaksanaan perayaan Nyepi tidak ada operasional bandara dari tanggal 11 Maret 2024 jam 06.00 Wita sampai tanggal 12 Maret 2024 jam 06.00 Wita,” kata dia di Kabupaten Badung, Bali, Kamis (7/3/2024).

Handy menyebut selama itu juga seluruh pergerakan pesawat ditiadakan, kecuali apabila terjadi kondisi darurat.

Pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah melakukan koordinasi dengan unsur bandara dan keamanan untuk memastikan Hari Raya Nyepi berjalan lancar.

“Seperti di tahun-tahun sebelumnya, kami selalu laksanakan penghentian operasional bandara sementara pada saat Hari Raya Nyepi. Ini juga menjadi sebuah berkah bagi kami untuk mengistirahatkan semua fasilitas di bandara yang sangat sibuk pada hari-hari lainnya,” ujar Handy seperti dilaporkan Antara.

Ia juga menyampaikan bahwa selain tidak ada pergerakan pesawat, kondisi di dalam bandara menyesuaikan dengan Catur Brata Penyepian atau empat pantangan selama Nyepi seperti mematikan penerangan dan tidak ada aktivitas.

Sebanyak 70 personel tetap akan berada di dalam bandara dan disiagakan untuk mengantisipasi penerbangan darurat atau medical evacuation dengan syarat-syarat tertentu.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menutup sementara layanan penyeberangan lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Padangbai-Lembar mulai Senin (11/3/2024) pukul 05.00 WITA hingga Selasa (12/3/2024) pukul 06.00 WITA.

Penutupan itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946 yang jatuh pada Senin.

“Untuk menghormati umat Hindu yang merayakan Hari Suci Nyepi ini, terutama di Pulau Bali yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, ASDP akan menutup pelayanan operasional pelabuhan dan penyeberangan milik ASDP yang menjadi salah satu gerbang masuk dan keluar dari Pulau Bali,” kata Shelvy Arifin Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam keterangan yang dilansir Antara, Jumat (8/3/2024).**

Leave a reply