Harga MinyaKita Naik Rp 1.500 setelah Idul Adha

0
25

BI-Kabar terbaru datang dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait harga minyak goreng rakyat (MinyaKita).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa HET MinyaKita akan mengalami kenaikan sebesar Rp 1.500 per liter, dari Rp 14.000 menjadi Rp 15.500. Kenaikan ini diprediksi akan terjadi setelah Idul Adha 2024.

Keputusan ini diambil setelah melalui pertimbangan matang, termasuk memperhatikan daya beli masyarakat dan harga pokok produksi (HPP) para produsen.

“Kenaikan ini dilakukan dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat dan HPP dari produsen,” ujar Zulkifli dikutip dari Antara, Jumat (14/6/2024).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim, menjelaskan bahwa kenaikan HET MinyaKita didasarkan pada beberapa komponen pembentuk harga minyak, seperti harga CPO (minyak kelapa sawit mentah), ongkos angkut pabrik, biaya pengolahan, pengemasan, dan biaya distribusi.

“Penetapan kenaikan ini tidak semata-mata melihat apple to apple CPO (minyak kelapa sawit mentah) dalam negeri,” jelas Isy.

Sebelumnya, Zulkifli sempat menyampaikan bahwa HET MinyaKita sudah saatnya dinaikkan karena telah berjalan selama dua tahun dan tidak lagi sesuai dengan HPP yang terus mengalami perubahan.

Kenaikan HET MinyaKita ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Diharapkan hasil pembahasan ini dapat segera diperoleh dan disosialisasikan kepada masyarakat.**

Leave a reply