Bandar Udara Internasional Juanda Buka Posko Terpadu Lebaran Tahun 2024

0
5

BI-Menjelang Idulfitri 1445 Hijriyah, Bandar Udara Internasional Juanda membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024, Selasa (2/4/2024). Posko tersebut, diadakan untuk menjamin kesiapan atas fasilitas penunjang operasional dan pelayanan bandara bagi para pengguna jasa layanan penerbangan selama lebaran.

Dalam sambutannya, General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar, menyampaikan, posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2024 ini akan digunakan sebagai pusat informasi, pelayanan dan penanganan layanan penerbangan selama libur lebaran. Ia mengungkapkan, posko terpadu ini berlangsung selama 16 hari, yakni mulai 3 – 18 April 2024.

“Sehingga, meski menjadi agenda rutin setiap tahunnya, namun pelaksanaan posko terpadu angkutan udara lebaran, harus tetap mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan. Serta, berkoordinasi secara intensif, guna mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang dapat terjadi pada periode posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2024,” jelasnya.

Terkait puncak pergerakan pesawat selama libur lebaran tahun 2024, Sisyani Jaffar menerangkan, pihaknya memprediksi, puncak pergerakan akan terjadi pada H-5 (6 April 2024), yakni sebanyak 364 penerbangan. Sedangkan arus balik, terjadi pada H+3 (15 April 2024), sebanyak 321 penerbangan.

“Kemudian untuk prediksi puncak kepadatan penumpang, pada arus mudik H-5 (6 april) sebanyak 53 ribu penumpang. Dan arus balik pada H+3 (15 april) sebanyak 50 ribu penumpang,” terang Sisyani Jaffar.

“Untuk prediksi puncak pergerakan kargo pesawat, pada arus mudik terjadi pada H-8 (3 april), yakni sebesar 328 ton. Dan arus balik, pada H+6 (18 april) sebesar 230 ton. Pelaporan data pergerakan ini, nantinya akan diperbarui setiap hari dan dapat dimonitor langsung di posko angkutan terpadu ini,” sambungnya.

Sisyani Jaffar menuturkan, pihaknya juga mengapresiasi dan banyak berterima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2024 ini. “Diharapkan selama kegiatan posko, komunikasi dan koordinasi yang telah terjalin baik antara komunitas bandara selama ini, dapat dipertahankan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tuturnya.

Mengingat libur lebaran kali ini, menurut Sisyani Jaffar adalah libur yang memiliki periode cukup lama, yakni dimulai 6 hingga 15 april 2024. Maka pihaknya menilai, animo masyarakat diprediksi akan cukup tinggi pada libur lebaran.

“Oleh sebabnya, kita perlu berkoordinasi secara intensif hingga melakukan langkah-langkah antisipasi. Mulai dari penyediaan informasi yang akurat, serta upaya-upaya mitigasi potensi gangguan ketertiban, dan keamanan harus dilaksanakan. Agar pelayanan kepada pengguna jasa tetap dapat terlaksana dengan baik,” imbau Sisyani Jaffar.**

Leave a reply