Pabrik Bahan Baku Susu Ikan di Pekalongan Siap Produksi Bulan Depan

0
28

BI-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah membangun pabrik percontohan bahan baku susu ikan atau Hidrolisat Protein Ikan (HPI). Pabrik yang terletak di Pekalongan, Jawa Tengah ini ditargetkan mulai produksi November mendatang.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistyo mengatakan sebelum beroperasi, pabrik percontohan akan dilakukan uji coba teknis selama satu pekan. Rencananya, kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 2 ton HPI per bulan.

“Kalau pabrik yang di Pekalongan, yang percontohan itu kan nanti komisioning bulan November, itu langsung bisa jalan,” kata Budi saat ditemui di Kantor, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2024).

Lebih lanjut, pabrik tersebut selesai dibangun pada bulan November. Pada saat itu, pihaknya akan memastikan fasilitas, sistem, hingga komponennya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

Dia bilang semua proses tersebut hanya memakan waktu satu pekan. Kemudian pabrik dapat langsung memproduksi bahan baku protein ikan, HPI.

“Kalau alat itu, begitu dirangkai di pabrik itu di-komisioning dulu, dites seminggu. Itu nanti dicoba dulu alatnya, modul-modulnya, kemudian baru bahan baku dicoba masuk. Setelah pas-nya seperti apa, keringnya berapa lama. Nah itu memang harus dalam satu pabrik, harus rangkaian,” terangnya.

Dia menegaskan pabrik tersebut merupakan pabrik percontohan, yang mana bukan ditujukan untuk memproduksi HPI secara massal. Dia bilang, nantinya produk tersebut dapat menjembatani bagi pengusaha industri pengolahan ikan yang ingin membangun pabrik serupa.**

Leave a reply