Kakanwil DJP Jatim 2: Silaturahim Sekaligus Gayung Bersambut

0
140

BI- Pengurus Forum Komunikasi Pengusaha (FORKAS), Selasa (2/08/2022) berkunjung ke Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II, di kawasan Juanda, Sidoarjo. Rombongan pengurus FORKAS diterima langsung Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II Agustin Vita Avantin.

Menurut Bu Vita, sapaan akrab Kakanwil DJP Jawa Timur II pertemuan seperti ini bagaikan gayung bersambut. Sebab pihaknya berencana untuk mengadakan lawatan serupa ke sejumlah pengusaha di wilayah Kerja DJP Jawa Timur II.

Beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan bersama pengurus FORKAS antara sosialisasi sejumlah kebikan perpajakan yang baru.

Vita mengakui, sejak pandemi Covid-19 melanda, pemerintah melakukan banyak langkah dalam upaya mengendalikan, pencegahan dan penanganan pandemi secara nasional. Upaya-upaya ini tentu saja membuat anggaran negara ikut tergerus.

Di sisi lain, pemerintah juga menyadari pandemi Covid-19 ini juga berdampak pada aktifitas usaha di berbagai lapisan. Secara sederhana, tidak ada pelaku usaha yang tidak terdampak. Kepala Kantor DJP Jawa Timur II menambahkan, pihaknya tidak menutup mata terhadap dampak pandemi pada dunia usaha. Misalnya ada usaha yang justru tumbuh berkembang seperti usaha di bidang kesehatan, tapi juga ada usaha lain yang harus mengambil keputusan tutup karena kondisi sudah sangat berat dan tidak bisa terelakkan.

Di sisi pelaku usaha, membenarkan apa yang disampaikan Kakanwil DJP Jawa Timur II. Banyak pelaku usaha yang harus berhitung ulang menyesuaikan keadaan yang serba sulit dan berat.

FORKAS juga memaparkan ada banyak pelaku usaha yang sangat mengharapkan kemudahan seperti insentif dan relaksasi, khususnya di bidang perpajakan untuk menjalankan usahanya. Apalagi di tengah situasi yang serba sulit ini.

FORKAS juga menengarai ada pelaku usaha yang menyiasati kebijakan dan rawan melakukan pelanggaran. Secara tegas Ketua Umum FORKAS ini mendukung sikap petugas kantor pajak menindak pelaku usaha yang memang nakal dan melakukan penyimpangan aturan perpajakan.

Menangggapi hal ini Agustin Vita Avantin sebagai Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II mengapresiasi sikap dan dukungan FORKAS. Vita mengatakan siap untuk menjalin komunikasi dengan semua pelaku usaha di Jawa Timur, sekaligus melakukan sosialisasi sehingga target intensifikasi dan ekstensifkasi pajak bisa tercapai.

Diantaranya dengan melakukan pendampingan dan bimbingan dengan memaksimalkan peran Account Representative (AR), petugas penyuluhan pajak bahkan kalau diperlukan sampai ke tingkatan Kakanwil DJP Jawa Timur II.
Kakanwil DJP Jawa Timur II juga mengharapkan silaturahim dengan pengusaha di Jawa Timur bisa berkembang dengan berbagai masukan dan dinamika di lapangan.

Pada kesempatan yang sama sejumlah Ketua Bidang Forum Komunikasi Pengusaha juga berkesempatan menyampaikan masukan, sekaligus ‘curhatan’ langsung kepada Kakanwil DJP Jawa Timur II.

Selain Ketua Umum dan Sekretaris Jendral FORKAS, di acara silaturahim dengan Kakanwil DJP Jawa Timur II juga hadir Ketua Bidang Riset dan Data Henry Setiawan, Ketua Bidang Industri Besi dan Baja Sindu Prawira, Ketua Bidang Konstruksi Adi Purwoto, dan Ketua Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bambang Wahyuono.**

Leave a reply