KemenPAN-RB Gelar FKPP Dan Kompetisi Inovasi Guna Kembangkan Layanan Publik

0
84

BI – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terus berupaya mengembangkan pelayanan publik agar menjadi lebih efisien dan mudah bagi masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Forum Koordinasi Pelayanan Publik (FKPP) Tahun 2023 serta Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

FKPP tahun ini mengambil tema “Kolaborasi Untuk Transformasi Pelayanan Publik Yang Lebih Berdampak”. Acara tersebut diadakan Kementerian PAN-RB, Senin, 13/3/2023, di Gedung Negara Grahadi Surabaya dan dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Dalam sambutannya Anas menekankan agar inovasi harus efisien dan terintegrasi. Menurutnya, setiap inovasi tidak boleh dibarengi dengan aplikasi baru yang mengakibatkan masyarakat bingung. Maka dari itu, Anas dorong adanya inovasi yang terintegrasi dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam acara tersebut juga hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang menjadi pembicara. Emil menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong adanya inovasi di daerah dengan mengadakan kompetisi Kovablik (Kompetisi Pelayanan Publik). Dimana Kovablik sendiri dari 2016 sampai 2022 jumlah partisipasinya terus bertambah dan terus meningkat.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa berharap agar FKPP bisa memberikan manfaat dalam perumusan kebijakan serta penyelengaraan pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono; Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja; Pejabat JPT Pratama di lingkungan Kementerian PANRB; serta bupati dan wali kota di lingkungan Provinsi Jawa Timur, baik secara luring maupun daring.**

Leave a reply