Ekonomi Digital Indonesia Diperkirakan Terus Tumbuh Hingga Mencapai US$ 130 Miliar di 2025

0
150

BI – Ekonomi digital Indonesia yang saat ini sudah mencapai US$ 77 miliar, diperkirakan akan terus tumbuh. Hal tersebut disampaikan Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia Sally Marintan Hutapea (Sally) dalam acara Inklusi Ekosistem Digital Untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Jakarta, Selasa, 28/3/2023.

Bahkan Sally juga memperkirakan di tahun 2025 akan naik hampir dua kali lipat yaitu di angka US$ 130 miliar dengan e-commerce sebagai pendorong utamanya. Menurut Sally ada banyak faktor yang menyebabkan peluang pertumbuhan ekonomi digital di Indoensia masih sangat besar di masa depan.

Faktor tersebut mulai dari jumlah populasi penduduk Indonesia, pengguna internet di Indonesia, media sosial, smartphone dan lain sebagainya. Penggunaan internet dan smartphone yang sangat besar di Indonesia mampu mendorong peluang ekonomi digital yang semakin besar.

Di kesempatan yang sama, Ekonom OUB Indonesia Enrico Tanuwidjaja berpendapat bahwa sektor informasi dan telekomunikasi telah mengalami pertumbuhan yang pesat di beberapa waktu belakangan ini, terutama saat terjadinya pandemi covid-19.

Menurutnya, pada saat pandemi kemarin sektor informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang sangat resilience. hal tersebut menyebabkan pertumbuhan PDB yang semula 2-3% tiba-tiba naik menjasi 6-7%. Dirinya juga menambahkan bahwa transformasi digital sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan Indonesia tetapi juga harus berkualitas dan berkesinambungan.**

Leave a reply