Jokowi Restui Proyek KEK Kura-Kura Bali Untuk Gaet Investasi Hingga Rp. 104 Triliun

0
137

BI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungan penuh untuk pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura di Bali, dengan harapan bahwa hal ini akan membawa dampak positif bagi pariwisata dan industri kreatif.

Keputusan tersebut dituangkan dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2023 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali yang baru saja diteken pada 5 April 2023 di Jakarta.

KEK Kura Kura Bali memiliki luas 498 hektar yang terletak di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, dan berbatasan dengan beberapa wilayah.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto telah memperkirakan bahwa KEK Kura Kura Bali dapat menarik investasi sebesar Rp 104 triliun dan menyerap 99 ribu tenaga kerja dalam 30 tahun ke depan.

Selama lima tahun pertama, proyek ini diperkirakan dapat mendatangkan investasi sebesar Rp 12 triliun dan membuka 5 ribu lapangan kerja.

Selain itu, Airlangga juga menargetkan bahwa KEK Kura Kura akan menjadi destinasi wisata yang populer bagi wisatawan multinegara, dengan efek ganda yang meningkat hingga 1,8 kali lipat.

Pembangunan KEK Kura Kura Bali diharapkan akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

Dengan adanya KEK ini, diharapkan akan terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur, serta terciptanya lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Selain itu, KEK Kura Kura juga akan memperkuat industri kreatif dan pariwisata di Bali, yang selama ini menjadi sektor andalan bagi perekonomian Bali.

Dalam sebuah pernyataannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa ia sangat mendukung pembangunan KEK Kura Kura Bali ini dan berharap proyek ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

Ia juga mengatakan bahwa proyek ini akan menjadi salah satu tonggak penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, dan akan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang berkembang dengan pesat di Asia Tenggara.

Dengan pembangunan KEK Kura Kura Bali ini, diharapkan akan tercipta sebuah lingkungan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan, yang akan memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini tentunya akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Bali dan Indonesia secara keseluruhan, serta memperkuat citra Indonesia di mata dunia sebagai negara yang terus maju dan berkembang pesat.**

Leave a reply