Dorong Kemandirian Industri Dalam Negeri, Pemerintah Terus Galakkan P3DN Dan TKDN

0
99

BI – Kementerian Perindustrian terus menggalakkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk mendorong kemandirian sektor industri dalam negeri.

Salah satu upaya dilakukan adalah dengan mengadakan business matching yang mempertemukan kepentingan pengguna anggaran dengan perusahaan industri.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Kementerian Perdagangan, Andi Rizaldi, pada business matching yang diadakan pada Maret 2023, pemerintah pusat dan daerah telah mengeluarkan komitmen sebesar Rp1.000 triliun.

Dari angka tersebut, sekitar Rp200 triliun telah dieksekusi, yang berdampak baik pada industri berskala besar maupun kecil dan menengah.

Tak hanya itu, Kementerian Perindustrian telah mempermudah industri kecil dalam mendapatkan sertifikasi TKDN melalui Peraturan Kementerian Perindustrian No 46 Tahun 2022, salah satunya adalah dengan memfasilitasi industri kecil agar lebih mudah mengikuti pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Sejalan dengan semangat Pemerintah, dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kerajinan dalam negeri, PT Surveyor Indonesia menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri pada Kamis, 11/5/2023.

Kegitan tersebut diikuti oleh 105 pelaku UMKM secara luring dan 200 pelaku UMKM secara daring dari wilayah Jabodetabek, Cilegon, Lebak Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, dan Pekanbaru. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Dalam laporan pelaksanaan kegiatannya, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUM, Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa peserta yang hadir telah melalui proses registrasi, verifikasi, dan pendampingan untuk proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Setelah pelatihan ini, peserta akan terus mendapat pendampingan oleh asesor hingga terbitnya Sertifikat TKDN yang ditargetkan pada bulan September 2023.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin, yang menyampaikan harapannya agar UMKM di sektor kerajinan dapat tumbuh dan maju. Sebagai sektor yang memegang peranan penting dalam perekonomian, pemberdayaan UMKM akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.**

Leave a reply