ADUPI Beserta Investor, Resmikan Pabrik Batako Berbahan Plastik Pertama di Indonesia

0
101

BI-Pabrik Block Solution Lombok (BSL) resmi dibuka pada Senin, 26 Juni 2023 di Provinsi NTB. Pabrik ini mampu mendaur ulang sampah plastik menjadi batako plastik yang ramah lingkungan. Acara soft opening pabrik ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan perwakilan terkemuka, termasuk Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Ketua ADUPI (Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia), Christine Halim, menyampaikan bahwa pembangunan pabrik Block Solutions di Lombok ini adalah pekerjaan terbaik yang pernah dia lihat. Ia menekankan bahwa inovasi ini sangat penting karena tanggung jawab kita terhadap sampah yang kita hasilkan, dan dengan mengolah sampah tersebut menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomi, kita dapat mewariskan kebaikan dan menjaga kebersihan bumi.

Dalam sambutannya, Kepala Brida NTB, Dr. Amry Rakhman, menjelaskan tiga manfaat hadirnya pabrik Block Solutions di Lombok.

Pertama, pabrik ini membantu mengurangi limbah plastik dan emisi karbon di lingkungan.

Kedua, pabrik ini menghasilkan blok bahan bangunan dari limbah plastik.

Ketiga, pabrik ini berfungsi sebagai pusat riset, inovasi, dan transfer teknologi, serta dapat menjadi destinasi wisata terkait pengolahan ekoblok.

Country Director Block Solutions Indonesia, Jimmy Hutasoit, menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan pembukaan pabrik ini. Ia berharap Block Solutions dapat terus berkontribusi dalam mengembangkan sektor teknologi di Indonesia dan menjadi solusi dalam mengatasi masalah sampah plastik.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Block Solutions Asia dan Block Solutions Finland, yang memberikan penjelasan tentang inovasi terbaru yang akan dihasilkan oleh pabrik tersebut.

Selain itu, CEO Classroom of Hope, Tanya Armstrong, juga turut hadir dan menunjukkan komitmennya untuk mendukung pendidikan di Indonesia.

Pabrik Block Solutions di Lombok merupakan proyek dengan dana investasi sebesar 3 juta euro.

Para pihak terlibat berharap mendapatkan dukungan berkelanjutan untuk memajukan pabrik ini dan mengatasi tantangan di masa depan.

Pembangunan pabrik Batako dari sampah plastik ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Provinsi NTB dan Indonesia secara umum.

Ini menunjukkan komitmen NTB dalam menghadapi isu teknologi dan lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan.

Soft opening pabrik ini diharapkan menjadi awal yang baik dan menjadi tonggak bersejarah bagi industri teknologi di NTB dan Indonesia.

Pabrik ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan menjadi pusat produksi teknologi yang inovatif.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah, duta besar, dan tokoh pengusaha ternama, acara soft opening ini menegaskan komitmen Block Solutions dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Diharapkan pabrik ini juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pembuatan batako dari sampah plastik. Selain itu, diharapkan juga dapat menginspirasi industri teknologi Indonesia menuju masa depan yang cerah.**

Leave a reply