Menteri Perdagangan Yakin Indonesia Akan Dominasi Pasar Sepatu Global

0
203

BI – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, optimis bahwa Indonesia akan menjadi pemimpin dalam industri sepatu secara global. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri yang akrab disapa Zulhas saat mengunjungi Indo Leather & Footwear di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada rilis Minggu, 6/8/2023, Zulhas menyatakan rasa bangganya ketika melihat pameran industri sepatu lokal. Dia berharap bahwa dalam waktu dekat, Indonesia akan mencapai posisi produsen nomor satu di dunia.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sedang berupaya keras untuk menghapus hambatan tarif dalam ekspor ke berbagai negara, termasuk ke Uni Eropa. Dengan demikian, produk sepatu Indonesia diharapkan dapat bersaing secara global.

Zulhas menegaskan bahwa pemerintah sedang giat menyelesaikan perundingan untuk mengatasi masalah hambatan tarif dengan Uni Eropa. Dia berharap pada tahun ini perjanjian EU-CEPA dapat diselesaikan sehingga para pelaku usaha di Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain seperti Vietnam dan Thailand yang memiliki pajak nol dalam ekspor ke Uni Eropa.

Selain itu, Zulhas juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pameran Jakarta x Beauty 2023 yang diadakan di Jakarta Convention Center. Dalam kesempatan tersebut, dia menyatakan bahwa produk-produk Indonesia tidak kalah dengan produk dari negara lain seperti Korea dan Tiongkok. Baik dari segi kualitas maupun kemasan, produk-produk Indonesia telah menunjukkan prestasi yang mengesankan.

Dengan upaya dari pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global, diharapkan industri sepatu negara ini dapat terus berkembang dan menjadi pemimpin dalam industri sepatu di dunia. Kualitas produk Indonesia yang tak kalah dengan negara-negara besar diharapkan akan semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai produsen sepatu terkemuka di dunia.

Leave a reply