Gubernur Jatim Dorong UMKM Melalui K-UKM Expo 2023

0
72

BI -Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajak kita semua untuk tidak hanya merasa bangga terhadap produk-produk Indonesia, tetapi juga untuk mendukung dengan membeli produk-produk tersebut.

Pesan ini disampaikannya saat meresmikan acara The 10th K-UKM Expo 2023, yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Grand City Convention and Exhibition Hall Surabaya pada Jumat (11/8/2023).

Khofifah mengungkapkan bahwa tujuan dari ajakan ini adalah untuk memperkuat semangat kita dalam mendukung produk-produk buatan dalam negeri. Dia berharap bahwa melalui acara K-UKM Expo ini, penjualan produk-produk lokal dapat meningkat, terutama dengan dukungan dari e-commerce melalui live shopping.

Gubernur juga mendorong para pelaku UKM untuk mengembangkan pasar mereka agar produk-produk dalam negeri lebih mudah diekspor. Khofifah menyatakan bahwa dia berkeinginan agar pelaku UKM di Jawa Timur memiliki pandangan positif terhadap ekspor dan merasa bahwa itu adalah langkah yang dapat diambil dengan mudah. Hal ini menjadi penting karena perluasan pasar memiliki peran yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi. Dia juga berbagi penghargaan yang diterima oleh Jawa Timur dari Menteri Keuangan terkait dengan pencapaian program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam beberapa hari terakhir.

Khofifah juga menginformasikan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, terjadi pertumbuhan yang baik dalam program KUR. Di tahun 2021, program ini mencapai realisasi sebesar Rp59 triliun, dan di tahun 2022, mencapai Rp64 triliun. Jumlah pelaku UMKM yang mengakses program KUR juga meningkat dari 1,6 juta pada tahun 2021 menjadi 1,8 juta pada tahun 2022. Gubernur optimis bahwa di tahun 2023, pertumbuhan akan terus berlanjut.

The 10th K-UKM Expo 2023 adalah acara yang diadakan dalam rangka Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional dan juga merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78. Acara ini bertujuan untuk menjadi platform di mana pelaku usaha dan pembeli dapat bertemu dan berinteraksi.

Selain pembukaan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, acara ini juga melibatkan berbagai kegiatan seperti pemberian kredit usaha rakyat (KUR) oleh beberapa bank, program kesejahteraan (prokesra), bantuan bagi UMKM dari BPJS Ketenagakerjaan, serta pengumuman lomba UKM berprestasi dalam kategori kuliner dan kerajinan, serta pemberian sertifikasi halal kepada sejumlah UMKM terpilih.**

Leave a reply