Apkrindo Jatim Bersama Yukk Payment Gateway Dukung Festival Kuliner JapKor

0
100

BI – Para pengusaha di bidang makanan dan minuman yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim sedang mendorong penggunaan transaksi tanpa uang tunai. Salah satu upayanya adalah melalui kemitraan dengan Yukk Payment Gateway dalam acara JapKor, Festival Kuliner Jepang dan Korea di Surabaya.

Ketua Apkrindo Jatim, Fery Setiyawan, menyatakan bahwa Apkrindo telah menginisiasi event kuliner JapKor sejak tahun 2022. Tujuan mereka adalah untuk menghadirkan acara kuliner yang belum pernah diadakan sebelumnya di Surabaya.

Event JapKor ini tidak mengharuskan peserta untuk mempresentasikan makanan dari Korea atau Jepang secara eksklusif. Semua peserta dapat menampilkan menu apapun selama masih memiliki hubungan dengan budaya Jepang dan Korea.

Fery menjelaskan, dalam sela acara JapKor pada Jumat, 11/8/2023, ini merupakan kali pertama event JapKor diadakan, dan responnya sangat positif. Terdapat 150 tenant yang turut meramaikan acara ini. Selain kafe dan restoran yang telah dikenal, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga ikut serta dalam event ini. Bahkan, beberapa tenant baru diundang untuk menguji pasar di Surabaya, sehingga mereka dapat mengetahui jenis investasi bisnis yang cocok untuk kota ini.

Fery yakin bahwa JapKor akan sukses. Antusiasme dari tenant dan pengunjung sangat besar, dengan mayoritas peserta (90%) berasal dari sektor makanan dan minuman, dan sisanya (10%) dari sektor gaya hidup. Ini merupakan situasi yang berbeda dari biasanya, di mana event serupa cenderung didominasi oleh sektor gaya hidup.

Dalam konteks ini, tema kuliner Jepang dan Korea sangat populer, terutama di kalangan anak muda dan keluarga di Surabaya. Fery menyatakan, minat terhadap event ini sangat tinggi, bahkan pada hari kerja seperti Jumat pertama. Mereka percaya bahwa akhir pekan akan semakin ramai. Apkrindo juga telah bermitra dengan Yukk Payment Gateway untuk memfasilitasi semua transaksi melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Agustino, Co-founder dan Chief Marketing Officer PT Yukk Kreasi Indonesia, menjelaskan bahwa dalam acara JapKor, Yukk menjadi official payment gateway. Langkah ini diambil untuk mendukung transformasi digital para pelaku UMKM dan pedagang di Surabaya, mempercepat penerapan program digital.

Agustino menegaskan, tujuan utama Yukk adalah membantu pelaku UMKM dan pedagang agar bisa bertransaksi secara digital dan tanpa uang tunai. Pada festival ini, Yukk menyediakan QRIS untuk pedagang, sebagai bentuk komitmen dalam mendorong pelaku UMKM berintegrasi dalam ekosistem digital.

Event JapKor Food Festival dianggap luar biasa. Bahkan di Jakarta, belum pernah ada event JapKor dengan jumlah tenant sebanyak ini. Hal ini memperkuat keyakinan bahwa bisnis kuliner di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Surabaya dan Jawa Timur merupakan kota dengan bisnis kuliner terbesar kedua setelah Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan data dari Yukk, rata-rata terjadi 40 juta transaksi digital melalui Yukk setiap tahun. Sekitar 80% transaksi ini terjadi di sektor makanan dan minuman, 10% di sektor jasa, dan sisanya dari transaksi multi-produk.

Agustino menambahkan bahwa sejak tahun 2021, Yukk telah menjalin banyak kerja sama dengan pelaku UMKM di Surabaya dan Jawa Timur. Mereka optimis bahwa pertumbuhan akan mencapai 20-30% dengan jumlah transaksi mencapai 40-50 juta. Khusus untuk JapKor Food Festival, mereka menargetkan terjadi 80-90 ribu transaksi selama tiga hari.

YUKK Payment Gateway saat ini gencar bekerjasama dengan pelaku UMKM untuk mendorong pembayaran digital, terutama melalui QRIS. Sejak 2021, YUKK Payment Gateway telah aktif terlibat dalam berbagai festival untuk mendorong pelaku UMKM memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.**

Leave a reply