Kemenparekraf Bersama GIPI Siap Gelar Pameran Pariwisata Internasional 2024

0
110

BI – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) akan mengadakan sebuah perhelatan luar biasa untuk mempromosikan pariwisata Tanah Air. Melalui acara bertajuk “Wonderful Indonesia Tourism Fair” (WITF) 2024, kedua belah pihak akan memperkenalkan destinasi wisata Indonesia kepada dunia internasional.

Acara WITF 2024 tercetus atas kebutuhan akan sebuah wadah internasional yang belum ada sebelumnya, yang bertujuan untuk memamerkan pesona wisata Indonesia. Ini menjadi langkah penting karena sektor pariwisata global, termasuk di Indonesia, tengah pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, berbicara dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno yang diadakan secara daring melalui Zoom. Dia menjelaskan bahwa berbagai negara, terutama setelah pandemi, telah membuka pintu bagi pariwisata. Indonesia pun ikut bergerak dalam arah yang sama dan perkembangannya sangat positif.

Ayu mengungkapkan bahwa Kemenparekraf akan bersinergi dengan GIPI dan berbagai pihak terkait untuk memajukan pariwisata dalam negeri serta menarik lebih banyak wisatawan mancanegara melalui WITF 2024.

Selain itu, Kemenparekraf juga akan mengadakan perjalanan wisata khusus (famtrip) untuk memperkenalkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia, seperti Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Ayu menekankan bahwa famtrip ini merupakan kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, sehingga mereka dapat menikmati dan mengenal lebih dekat dengan lima DPSP tersebut.

Ketua Umum GIPI, Hariyadi Sukamdani, mengungkapkan bahwa WITF 2024 adalah acara yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Ia menjelaskan bahwa Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 akan menjadi travel mart yang besar dan berdampak signifikan dalam mengundang wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Hariyadi menjelaskan bahwa WITF ini akan fokus pada kerja sama bisnis (B2B), tetapi juga akan terbuka untuk masyarakat umum. Dia mengungkapkan bahwa meskipun tujuannya adalah menarik wisatawan dari luar negeri, acara ini juga akan menyentuh aspek B2C karena partisipasi masyarakat umum akan sangat dihargai.

Dalam rangka menyambut WITF yang akan digelar pada September 2024 di Jakarta, GIPI telah merencanakan serangkaian acara “Road to WITF 2024”. Acara ini akan mencakup berbagai kegiatan menarik, mulai dari podcast seputar pariwisata, penghargaan, pameran, simposium, hingga program perjalanan wisata.

Leave a reply