Edukasi Keberlanjutan Ekosistem Laut untuk Nelayan Jatim

0
59

BI – Ratusan nelayan di Provinsi Jatim diberi edukasi keberlanjutan ekosistem laut oleh Aruna yang berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK), komunitas pesisir, serta sejumlah pemangku kepentingan.

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty di Surabaya, Jumat, mengatakan, fokus edukasi diberikan kepada komunitas masyarakat pesisir yang andal dan produktif, yang kesehariannya bekerja untuk memproses komoditas perikanan Aruna sebelum diolah di pabrik.

Ia mengatakan fokus edukasi adalah tentang bagaimana cara mempertahankan rantai pendinginan melalui treatment teknis tertentu agar fluktuasi suhu dapat diminimalisasi.

“Kami juga berikan pelatihan terkait higiene dan sanitasi, dan dipimpin langsung oleh Tim Quality Control (QC) Aruna. Dalam edukasi yang diberikan, Aruna Picker wajib memakai pakaian kerja memenuhi standar operasional prosedur, seperti apron, hair net, masker, sarung tangan dan sepatu kedap air,” katanya.

Selain iyu, Utari juga menyampaikan edukasi tentang keberlanjutan ekosistem laut menjadi salah satu tantangan paling signifikan saat ini.**

Leave a reply