Pemerintah Kota Tandatangani Kontrak dengan Investor untuk Revitalisasi THR dan TRS

0
77

BI – Pada Rabu (25/10/2023), Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengumumkan bahwa pemerintah kota telah mencapai kesepakatan dengan seorang investor untuk membangun kembali kompleks Taman Hiburan Rakyat dan Taman Remaja. Ini adalah langkah penting dalam upaya memulihkan dua tujuan wisata keluarga yang populer di Surabaya.

Eri Cahyadi menjelaskan bahwa kontrak dengan investor tersebut diharapkan akan ditandatangani akhir bulan ini, membuka jalan bagi pembangunan kembali taman-taman tersebut. Meskipun identitas investor belum diumumkan, diketahui bahwa mereka berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Revitalisasi ini diharapkan tidak akan memakan waktu lama, dan pembukaan kembali kompleks taman tersebut dijadwalkan pada pertengahan tahun depan. Salah satu poin penting dalam kesepakatan ini adalah komitmen dari investor untuk menjaga harga tiket masuk yang terjangkau, berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Langkah ini diambil untuk memastikan aksesibilitas bagi masyarakat setempat.

Selain itu, pemerintah berencana untuk menyinergikan kompleks Taman Hiburan Rakyat, Hi-Tech Mall, dan Taman Remaja Surabaya sebagai pusat kegiatan kebudayaan dan hiburan. Ini mencakup rencana untuk menambahkan elemen-elemen budaya seperti museum budaya dan panggung terbuka untuk pertunjukan seni tradisi.

Reaksi dari para seniman dan budayawan mengenai revitalisasi ini beragam. Beberapa seniman tradisi mengharapkan bahwa taman tersebut akan kembali menjadi jantung kebudayaan seperti masa kejayaan mereka di sana. Namun, mereka juga mengingatkan bahwa revitalisasi harus mempertimbangkan nilai budaya dan sejarah, dan tidak mengesampingkan kepentingan masyarakat yang tinggal di kompleks taman.

Selama ini, kompleks Taman Hiburan Rakyat (THR) terletak di belakang Hi-Tech Mall, dan Taman Remaja Surabaya (TRS) berada di sisi selatan Hi-Tech Mall. Keduanya telah mengalami penurunan minat publik sejak beberapa tahun yang lalu. Sekarang, dengan adanya investor baru, harapannya adalah bahwa taman-taman ini akan segera kembali menjadi tempat hiburan dan kebudayaan yang hidup. Revitalisasi ini dilihat sebagai langkah yang memerlukan pertimbangan rasa dan nurani, dan tidak hanya sekadar rasionalitas.

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk lebih menonjolkan aktivitas kesenian daripada aspek ekonomi dalam kompleks taman ini, sehingga sejalan dengan peruntukannya sebagai jantung aktivitas kebudayaan dan hiburan. Ini adalah langkah yang mendapat dukungan dalam upaya memulihkan daya tarik kompleks taman tersebut.

Semua ini merupakan bagian dari upaya pemerintah kota untuk menghidupkan kembali daya tarik Taman Hiburan Rakyat dan Taman Remaja, dan membawa mereka kembali ke pusat kegiatan hiburan dan budaya di Surabaya. Revitalisasi ini akan memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali warisan budaya dan sejarah kota ini, sekaligus memberikan pengalaman wisata yang lebih baik bagi masyarakat setempat dan pengunjung.

 

Leave a reply