Munas JCI 2023 : Langkah Menuju Perekonomian Indonesia yang Lebih Baik

0
63

BI – Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2023 yang diadakan oleh Junior Chamber International (JCI) di Surabaya pada Rabu (1/11/2023) menjadi sorotan utama dengan peserta mencapai 400 orang. Acara ini bertajuk “Building Leaders Through Unity” dan memiliki tujuan yang ambisius, yaitu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Kehadiran teman-teman anggota JCI dari berbagai negara seperti Hong Kong, Mongolia, Malaysia, Thailand, Jepang, Singapura, dan Filipina menjadi highlight Munas ini. National President JCI, Felix Soesanto, menyebut acara ini sebagai kesempatan luar biasa bagi anggota JCI di Indonesia untuk memperluas jaringan internasional.

Felix menekankan potensi simbiosis mutualisme antara perusahaan milik anggota JCI Indonesia dengan JCI dari luar negeri. Tak kurang dari 20 perusahaan asal Jepang ikut serta dalam presentasi mereka di acara ini.

Felix berharap ada beberapa kesepakatan bisnis yang sangat menguntungkan. Meskipun nilai dari kesepakatan tersebut belum bisa diestimasi. Kesepakatan bisnis antara perusahaan-perusahaan Indonesia dan JCI luar negeri diharapkan akan berdampak positif pada peningkatan ekspor dan impor.

Rico Tedyono, Convention Director JCI Indonesia, menambahkan bahwa sektor yang berpotensi dalam kerjasama ini mencakup UMKM, startup, perdagangan, otomotif, perhotelan, pariwisata, dan berbagai komunitas pengusaha yang memiliki dampak nasional.

Rico menjelaskan bahwa pada akhir tahun 2023, JCI East Java akan menggerakkan perekonomian melalui business matching di Surabaya, dengan tujuan memaksimalkan perputaran ekonomi nasional, khususnya di Jawa Timur.

Local President JCI East Java, Willy Widjaja, berpendapat bahwa tahun politik 2024 tidak akan berdampak pada transaksi ekspor dan impor, mengingat permintaan yang tinggi dari JCI luar negeri.

JCI East Java juga telah menyelenggarakan program pelatihan ekspor dan impor bagi anggotanya, termasuk para pengusaha di luar organisasi ini. Willy memperkirakan jumlah peserta pelatihan ini mencapai ribuan orang, menunjukkan minat yang besar dalam meningkatkan kemampuan berbisnis.

Munas JCI ini juga dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai pembicara, dan para anggota JCI dari berbagai chapter, termasuk dari luar negeri, diajak untuk menjelajahi destinasi pariwisata Bromo untuk mempromosikan potensi pariwisata Jawa Timur.

Leave a reply