Pemerintah Ajak Masyarakat Berinvestasi Hijau Menuju Net Zero Emission 2060

0
43

BI – Dalam upaya mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060, pemerintah mengajak masyarakat untuk terlibat dalam investasi ekonomi hijau. Salah satu cara yang diusulkan adalah melalui investasi dalam Surat Berharga Negara (SBN) Green Sukuk Tabungan 011 (ST011), yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan.

Instrumen investasi ini diharapkan dapat mendukung pembiayaan proyek-proyek ramah lingkungan, terutama di bidang transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim.

Penawaran investasi ST011 telah dimulai sejak 6 November dan akan berakhir pada 6 Desember 2023. Pemerintah menawarkan dua skema tenor dengan nilai keuntungan yang berbeda, yaitu ST011-T2 untuk tenor 2 tahun dan ST011-T4 untuk tenor 4 tahun.

Menariknya, semua lapisan masyarakat berpeluang menjadi investor, karena ST011 dapat dibeli mulai dari Rp 1 juta hingga maksimal Rp 5 miliar untuk ST011-T2 dan Rp 10 miliar untuk ST011-T4.

Selain cashback yang menarik, ST011 menawarkan imbal hasil minimal yang kompetitif, dapat meningkat mengikuti suku bunga acuan BI. ST011-T2 memiliki imbal hasil floating rate with floor dengan tingkat imbal hasil minimal 6,30% p.a, sementara ST011-T4 memiliki imbal hasil floating rate with floor dengan tingkat imbal hasil minimal 6,5% p.a.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, menyampaikan bahwa sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, masyarakat dapat membeli green Sukuk tabungan ST011 melalui bank bjb. Caranya dapat diakses melalui link infobjb.id/sbn atau informasi lebih lanjut dapat diperoleh di laman website infobjb.id/obligasiritel.

Keikutsertaan bank bjb sebagai sub mitra distribusi SBN Ritel ST011 dianggap sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah, khususnya dalam pembiayaan proyek-proyek ramah lingkungan. Meskipun bank bjb bertindak sebagai agen penjual produk ini, perusahaan menekankan bahwa setiap keputusan pembelian produk oleh investor merupakan tanggung jawab penuh dari investor, termasuk pemilihan jenis produk yang sesuai dengan profil risiko mereka.

Leave a reply