Digitalisasi Diskop UKM Jatim: KUKM Berjejaring di Era Digital

0
56

BI – Dalam upaya mendekatkan para pelaku KUKM dengan teknologi digital dan media sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar Workshop Penguatan Usaha KUKM Manajerial dan IT Entrepreneur di Surabaya pada Jumat (8/12/2023). Workshop ini dihadiri oleh lebih kurang 100 pelaku KUKM, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, khususnya dalam pembuatan konten untuk platform Instagram, Facebook, dan TikTok guna mempromosikan usaha.

Menurut Susanti Widyastuti, Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Diskop UKM Jatim, saat ini perangkat handphone telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia modern, karena segalanya dapat dikendalikan melalui handphone. Dalam konteks ini, pelatihan manajerial pembuatan konten menjadi sangat relevan, mengingat pentingnya beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi.

“Ketika Bapak/Ibu memiliki produk dan tidak berusaha untuk bersahabat dengan kondisi saat ini, maka akan tertinggal oleh zaman yang selalu berkembang,” ujar Susi. Ia juga menekankan pentingnya para pelaku usaha KUKM untuk dapat membaca dan menangkap peluang digital yang sedang menjadi tren saat ini.

Dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi peserta sebagai wirausahawan serta memberdayakan KUKM sebagai garda terdepan ekonomi di Provinsi Jawa Timur, workshop ini dianggap sebagai langkah konkret untuk membuat pelaku KUKM lebih melek digital dan mampu bersaing di pasar global, terutama pada sektor digital.

Leave a reply