Perubahan Signifikan: Reformasi Birokrasi Kemenkumham Jatim

0
9

BI – Reformasi birokrasi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur mencatat kemajuan positif, menandai pencapaian yang menggembirakan. Evaluasi oleh Tim Inspektorat Jenderal Kemenkumham terhadap Rencana Kerja Tahunan (RKT) Reformasi Birokrasi pada Triwulan IV menunjukkan pencapaian luar biasa, dengan Kanwil Kemenkumham Jatim dan 63 Unit Pelaksana Teknis berhasil mencapai 100% pemenuhan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Inspektur Wilayah II Lilik Sujandi menyatakan prestasi ini dalam acara penutupan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Kinerja Tahunan Reformasi Birokrasi di Jogjakarta. Saefur Rochim, Kepala Divisi Administrasi, mengapresiasi hasil ini sebagai dasar evaluasi untuk tahun mendatang. “Prestasi ini patut diapresiasi, meski pada awalnya pencapaian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur masih minim,” ujarnya dalam rilis Kemenkumham Jatim, Jumat (8/12/2023).

Rochim menambahkan bahwa meskipun capaian selama satu tahun ini signifikan, evaluasi dan perbaikan tetap diperlukan. “Tahun depan, kita akan lebih siap dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi dan pemenuhan data dukung, melakukan langkah-langkah akselarasi agar capaian mencapai 100%, sebagaimana terjadi pada triwulan keempat ini,” tambahnya.

Proses Monitoring dan Evaluasi Reformasi Birokrasi di lingkungan Kemenkumham berlangsung selama empat hari, dari Senin (4/12/2023) hingga Kamis (7/12/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memvalidasi kualitas dan kelengkapan data dukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto, menutup rangkaian kegiatan tersebut.

Leave a reply