Anak Usaha PTPN I Regional 4 Mendukung Ketahanan Energi Nasional dengan Mengirim 20 KL Etanol ke Pertamina Mojokerto

0
8

BI – PT Energi Agro Nusantara (Enero), anak perusahaan PTPN I di Regional 4, terus aktif dalam mendukung Program Strategis Nasional (PSN) Ketahanan Energi Nasional. Pada Kamis lalu, mereka kembali mengirimkan 20 Kiloliter (KL) bioetanol fuel grade ke Integrated Terminal PT Pertamina Patra Niaga di Jakarta. Bioetanol ini akan menjadi bahan campuran BBM Pertamax RON 95 untuk menghasilkan Pertamax Green 95.

Direktur PT Enero, Puji Setiyawan, menjelaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan Ketahanan Energi Nasional dan mendukung implementasi Pertamax Green 95 sebagai Bahan Bakar Nabati. Pengiriman selanjutnya sebesar 24 KL akan dilakukan ke Integrated Terminal Pertamina Patra Niaga di Surabaya pada minggu keempat Desember.

Hingga bulan September 2023, PT Enero telah mengirimkan total 60 KL bioetanol fuel grade kepada Pertamina Patra Niaga sebagai bahan campur Pertamax Green 95. Hal ini sangat penting mengingat kebutuhan Pertamax Green 95 di Pulau Jawa mencapai lebih dari 90 ribu KL per tahun. Holding Perkebunan Nusantara memberikan dukungan penuh terhadap sinergi antara PTPN I, PT Enero, dan PT Pertamina Patra Niaga.

Direktur Utama Holding Perkebunan, M Abdul Ghani, meyakini bahwa kerjasama antara PT Enero dan Pertamina Patra Niaga merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan Pertamax Green 95 di Pulau Jawa. Lebih dari sekadar mendukung keberlanjutan energi, Pertamax Green 95 juga diakui sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang lebih rendah. Langkah ini sejalan dengan komitmen Menteri BUMN Erick Thohir dalam mendukung pencapaian Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060.

Leave a reply