Peserta Kartu Prakerja Dapat Rp 4,2 Juta, Ini Informasinya

0
13

BI-Sejak Rabu (3/1/2024) lalu, pendaftaran Kartu Prakerja 2024 telah resmi dibuka.

Proses pendaftaran akun Prakerja dapat dilakukan melalui laman www.prakerja.go.id.

Head Komunikasi PMO Kartu Prakerja Lydia Kusnadi mengatakan, Prakerja akan melanjutkan pembukaan gelombang dengan skema normal yaitu besaran beasiswa yang akan diterima peserta mencapai Rp 4,2 juta per individu.

Adapun total tersebut terbagi menjadi biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif dana pasca-pelatihan Rp 600.000 yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.

“Meskipun saat ini Gelombang 63 belum dibuka, ada baiknya masyarakat mulai membuat akun Prakerja dari sekarang. Sehingga nanti ketika pembukaan gelombang 63 dimulai, peserta tinggal menekan tombol ‘Gabung Gelombang’ pada dashboard akun Prakerja masing-masing,” kata Lydia dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1/2024).

Lydia mengatakan pembukaan akun di Prakerja.go.id terbuka untuk umum tanpa memandang latar belakang pekerjaan, bahkan mahasiswa sekalipun.

Sebab, kata dia, terdapat program lain di Prakerja yang bisa diikuti oleh masyarakat luas baik mereka yang sedang menempuh pendidikan formal, maupun pejabat negara, aparatur sipil dan lainnya, seperti Indonesia Skills Week (ISW), atau program Talenta.ai kolaborasi dengan Microsoft.

Ia mengatakan syarat utama untuk ISW dan Talenta.ai ini hanya memiliki akun Prakerja. Oleh karena itu kata dia, membuat akun Prakerja sangat penting.

“Kami berharap kita menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan memanfaatkan sarana yang diberikan pemerintah melalui Prakerja, ayo buat akun sekarang di Prakerja.go.id,” ujarnya.

Berikut ini cara membuat akun Prakerja:

1. Buka situs www.prakerja.go.id.

2. Pilih menu “Daftar” jika belum memiliki akun.

3. Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.

4. Jika sudah memiliki akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password.

5. Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

6. Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik “Gabung Gelombang”

Adapun untuk menerima beasiswa pelatihan melalui program reguler pembukaan gelombang Prakerja, terdapat beberapa syarat tambahan yaitu:

– WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun

– Tidak sedang menempuh pendidikan formal

– Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

– Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD

– Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. **

Leave a reply