Peningkatan Keyakinan Konsumen Terungkap dalam Survei Terbaru oleh Bank Indonesia

0
29

BI – Dilansir dari hasil survei konsumen yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada bulan Desember 2023, terungkap bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Asisten Gubernur Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam pernyataannya pada Kamis (11/1/2024), menyatakan bahwa hal ini tercermin dari peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan Desember 2023, mencapai angka 123,8, yang merupakan kenaikan dari 123,6 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan keyakinan konsumen tersebut, seperti yang dijelaskan oleh Erwin Haryono, dipicu oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE). IKE sendiri mengalami peningkatan, terutama pada komponen Indeks Pembelian Barang Tahan Lama.

Selain itu, hasil survei juga mencatat bahwa Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan tetap kuat, didukung oleh kepercayaan yang tinggi dalam Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keyakinan konsumen yang meningkat pada bulan Desember 2023 tidak hanya dipengaruhi oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini yang lebih kuat, tetapi juga oleh harapan positif terhadap kondisi ekonomi di masa mendatang, sebagaimana tercermin dalam Indeks Ekspektasi Konsumen yang tetap stabil.

Leave a reply