Yuk Ngonten agar Jualan Laris da Cuan

0
31

BI-Di era teknologi yang semakin canggih ini, siapa sih yang tidak menggunakan media sosial? Mungkin ada, namun tentu lebih banyak penduduk yang ada di muka bumi ini yang menggunakan media sosial. Kecanggihan teknologi ini ternyata berdampak besar bagi pagi pelaku usaha, terutama pelaku UMKM.

Lalu bagaimana cara pelaku UMKM memanfaatkan media sosial yang tepat? Bagaimana agar jualan kita agar laku di pasar global dan menjangkau semua kalangan? Berikut tips dari salah satu pelaku UMKM Kabupaten Sumenep, Ummul Khair Ahmaya atau yang biasa disapa UKA :

1. Lakukan riset kecil – kecilan tentang media sosial yang akan kita gunakan untuk jualan

Setiap kali akan mengambil keputusan dan action terkait bisnis yang kita jalankan, perlu kiranya kita melakukan riset. Apalagi yang berhubungan dengan teknologi yakni menentukan media sosial untuk sarana promosi. Karena ada banyak media sosial yang digunakan oleh orang – orang di dunia ini, maka kita pun harus memilih yang harus kita gunakan dengan berbagai pertimbangan tentunya. Maka, dalam hal ini riset harus dilakukan agar nantinya kita tidak salah memilih media sosial.

2. Gunakan media sosial yang banyak digunakan target market kita.

Dari sekian banyak pertimbangan dalam menggunakan media sosial sebagai saranya promosi dan jual beli, target pasar adalah salah satu yang penting. Setiap media sosial memiliki pengguna fanatiknya sendiri. Maka, kita perlu membaca para pengguna tersebut. Mulai dari usia, ketertarikan, hingga konten seperti apa yang banyak dilihat dan disukai di media sosial tersebut.

Jika sudah mendapatkan kesimpulan bahwa target pasar kita ada di media sosial A misalnya, maka putuskan untuk menggunakan media sosial tersebut. Jika ingin menjangkau lebih luas, memilih untuk menggunakan lebih dari satu media sosial tentu tidak masalah. Akan tetapi, harus benar – benar dipertimbangkan, fokus dan keberlangsungan konten serta promosi jangka panjangnya. Jangan sampai terbengkalai karena tidak ada yang mengurusnya.

3. Buatlah konten menarik dari barang yang kita jual.

Saat ini, proses jual beli sudah sangat praktis dan bisa dilakukan dari jarak jauh. Ini merupakan salah satu manfaat dari kecanggihan teknologi.

Bagi seorang seller atau penjual, cara menawarkan barang dan membuat calon customer tertarik adalah dengan membuat video atau mengambil foto yang bagus. Kemudian unggah ke media sosial tempatnya. Bukan sembarang foto atau video, akan tetapi buatlah foto atau video yang menarik yang sekiranya membuat calon customer tertarik.

4. Gunakan fitur efek yang disediakan oleh aplikasi media sosial

Dalam aplikasi yang kita gunakan, sudah disediakan berbagai fitur dan efek untuk menunjang konten yang akan kita unggah. Hal ini perlu dimanfaatkan dengan baik. Gunakanlah untuk berkreasi dan membuat konten jualan kita semenarik mungkin.

5. Jangan lupa bagikan agar lebih banyak lagi yang menonton

Tips terakhir, share atau bagikan konten yang sudah kita posting agar lebih banyak yang melihat. Karena pada dasarnya, lebih banyak orang melihat, lebih besar pula kemungkinan barang yang kita jual akan bertemu dengan pembelinya.**

Leave a reply