Menko Airlangga Beberkan Strategi Agar Tetap Optimis di Tengah Ketidakpastian Global

0
94

BI – Saat menyampaikan keynote speech dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2023 yang bertajuk “Menjaga Momentum Ekonomi Indonesia Di Tengah Ketidakpastian”, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun kemarin sebesar 5,3% (yoy) yang merupakan pertumbuhan yang tertinggi sepanjang 10 tahun terakhir, sesuai rilis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa, 28/2/2023.

Dengan pertumbuhan ekonomi di tahun kemarin yang baik, Pemerintah menghadapi tahun ini dengan rasa optimis, namun tetap waspada di tengah ketidakpastian. Pemerintah melakukan tindakan mitigasi atas berbagai resiko yang mungkin timbul sehingga sudah menyiapkan sejumlah kebijakan utama.

Seperti dengan bauran kebijakan fiskal dan moneter yang tepat, dibuatnya Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Perpu Cipta Kerja, dan pengaturan DHE diharapkan bisa memberikan kepastian hukum di tengah situasi yang tidak pasti.

Kebijakan tersebut diharapkan menjadi pilar untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang memadai serta stabilitas keuangan dan nilai tukar.

Sedangkan untuk mitigasi transisi kenaikan harga komoditas global, Pemerintah melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi melalui forum Tim Pengandali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP/TIPD) dengan strategi kebijakan 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif. Dengan strategi tersebut terbukti efektif mendorong inflasi.

Selain itu, Pemerintah juga memperhatikan berbagai kebijakan jangka menengah dan panjang untuk memastikan keberlajutan pertumbuhan ekonomi.

Seperti, hilirisasi sumber daya alam, mendorong industrialisasi, peningkatan kualitas SDM serta mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan pentingnya stabilitas politik dalam menjalankan kebijakan guna menjawab tantangan krisis.

Menurutnya, Indonesia telah menjaga ASEAN dalam 20 tahun terakhir menjadi region yang stabil secara politik. Lebih-lebih saat ini Indonesia menjadi leadernya, sehingga Indonesia dan ASEAN merupakan the bright spot in the dark. Atas hal tersebutlah perlu adanya keyakinan supaya ketidakpastian bisa didorong menjadi optimisme.**

Leave a reply