PUPR Selesaikan 22 Tower Hunian Pekerja Konstruksi Di IKN Nusantara Dengan Teknologi Modular

0
184

BI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia telah menyelesaikan pembangunan 22 tower Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan teknologi modular yang mengedepankan kecepatan konstruksi dan zero waste. Saat ini, sudah sebanyak 12 tower yang sudah fungsional dan dihuni oleh para pekerja konstruksi yang membangun sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis, 13/4/2023, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa dalam proses pembangunan HPK, pihaknya menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).

Tiga kriteria yang diterapkan meliputi environmental atau lingkungan dengan menerapkan lean construction dan green construction, sosial yang bertujuan memberikan fasilitas yang lebih layak bagi para pekerja konstruksi, serta membangun tata kelola konstruksi yang lebih rapi, sehat, efisien dan efektif.

HPK tersebut dapat menampung sebanyak 14.736 pekerja konstruksi dan 12 tower diantaranya sudah dihuni oleh para pekerja konstruksi. Pembangunan HPK merupakan wujud perhatian pemerintah kepada para pekerja konstruksi yang bertugas di IKN supaya mendapat tempat tinggal yang layak.

Pembangunan HPK dimulai sejak 29 Agustus 2022 hingga 20 Januari 2023 oleh setidaknya 368 pekerja yang terlibat. Kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT Wijaya Karya Gedung – PT Adhi Karya (Persero) Tbk. KSO dengan anggaran sebesar Rp 567,008 miliar.

Kementerian PUPR juga telah melengkapi HPK dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti ruang makan, tempat ibadah, kantor pengelola, klinik kesehatan, ruang serbaguna, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya. Saat ini, HPK akan segera diserahkan pengelolaannya dari Kementerian PUPR kepada Otorita IKN untuk dikelola melalui Badan Usaha Milik Otorita.

Dalam upayanya untuk memperbaiki kualitas hidup para pekerja konstruksi yang membangun infrastruktur di IKN Nusantara, Kementerian PUPR berhasil memberikan solusi yang inovatif dan efisien dengan pembangunan HPK yang dilakukan secara cepat dan ramah lingkungan. Selain memberikan manfaat bagi para pekerja konstruksi, pembangunan HPK juga berkontribusi dalam meminimalisir munculnya kawasan kumuh di sekitar IKN.

Leave a reply