KTT Ke-42 ASEAN 2023 Resmi Ditutup, Berikut Kesimpulan Hasilnya

0
112

BI – Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan hasil akhir KTT ke-42 ASEAN 2023 yang berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2023.

Dalam pengumumannya melalui Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 11/5/2023, Jokowi menyatakan bahwa KTT tersebut berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang baik.

Menurut Jokowi, deklarasi hasil KTT ke-42 ASEAN sudah disetujui oleh seluruh negara anggota. Ada sekitar 10 poin penting dalam deklarasi tersebut yang merupakan hasil dari berbagai pertemuan yang dilakukan selama KTT ke-42 ASEAN.

Beberapa kesimpulan penting dari KTT ke-42 ASEAN yang diungkapkan oleh Jokowi adalah fokus pada kepentingan rakyat, termasuk perlindungan bagi pekerja migran dan korban perdagangan manusia.

Jokowi mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk menindak tegas para pelaku utama. Selain itu, Jokowi juga menyinggung kasus Myanmar yang dianggap melanggar nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam hal ini, Jokowi menekankan pentingnya implementasi Five Point Consensus yang memandatkan ASEAN untuk melibatkan semua pihak terkait dan memegang prinsip inklusivitas dengan kuat.

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berbicara dengan semua pihak terkait di Myanmar demi kepentingan kemanusiaan, dan menegaskan bahwa enggagement bukanlah recognition.

Kesimpulan selanjutnya yang diungkapkan oleh Jokowi terkait dengan penguatan kerja sama ekonomi. ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga hilirisasi industri menjadi kunci.

Selain itu, transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antarnegara juga disepakati untuk diperkuat.

Jokowi menekankan pentingnya kesatuan dari setiap anggota ASEAN untuk menjaga kekuatan dan keberlangsungan ASEAN. Tidak ada negara anggota ASEAN yang ingin memecah belah ASEAN, dan konflik internal di Myanmar harus dihentikan untuk melindungi rakyat.

Leave a reply