APRINDO dan ADUPI Dukung Langkah Kurangi Sampah Plastik demi Lingkungan yang Lebih Baik

0
121

BI – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) telah mendukung langkah-langkah untuk mengurangi sampah plastik sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, khususnya dalam menghadapi isu perubahan iklim yang semakin menjadi perhatian global.

Ketua Umum APRINDO, Roy Nicholas Mandey, mengungkapkan bahwa APRINDO telah memulai langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai sejak tahun 2018. Mereka juga telah bekerja sama dengan berbagai institusi dalam menerapkan prinsip 3R, yaitu mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle) plastik.

Menurut Roy, langkah-langkah ini sangat penting dilakukan karena kelestarian lingkungan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan sumber daya alam yang baik untuk generasi mendatang.

Roy juga memberikan apresiasi kepada ritel yang telah melakukan terobosan dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai saat berbelanja, serta mengedukasi masyarakat agar beralih menggunakan kantong belanja yang dapat digunakan berulang kali.

Senada dengan Roy, Ketua Umum ADUPI, Christine Halim, juga menekankan pentingnya menjaga bumi dengan mengurangi sampah plastik. Ia mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik dan menyerahkannya ke titik pengumpulan sampah plastik guna didaur ulang.

Christine menambahkan bahwa pengurangan sampah plastik dan daur ulang plastik memiliki manfaat yang lebih besar, tidak hanya bagi kebersihan lingkungan, tetapi juga berdampak pada aspek keuangan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Dalam kesimpulannya, Christine menekankan pentingnya menjaga dan merawat bumi ini demi kebaikan anak cucu kita, serta mewariskan sumber daya yang lebih baik, termasuk kekayaan, kesehatan, dan kemakmuran, sebagai warisan yang berharga, bukan sekadar meninggalkan sampah.**

Leave a reply