Cek Ciri-Ciri Pinpri yang Kini Jadi Momok Masyarakat

0
70

BI – Modus pinjaman pribadi atau yang sering disebut pinpri kini telah menjadi sumber kekhawatiran bagi masyarakat. Salah satu alasan utamanya adalah para pemberi pinjaman seringkali meminta data pribadi yang berlebihan dari para calon peminjam. Dalam beberapa kasus.

Pinpri bahkan meminta calon peminjam untuk menyediakan berbagai informasi pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, akun media sosial, foto profil WhatsApp, informasi seluruh penjamin, dan bahkan berbagi lokasi secara detail.

Hal ini dapat menimbulkan risiko privasi yang serius bagi individu. Sebagai calon peminjam, penting untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap permintaan data yang berlebihan saat mengajukan pinjaman pribadi.

Tak sedikit masyarakat yang lantas memilih pinpri sebagai alternatif pembiayaan karena prosesnya cepat.

Perencana Keuangan Nadia Isnuari Harsya mengatakan, kebanyakan orang yang terlilit pinjaman pribadi atau pinpri adalah mereka yang terjebak dengan gaya hidup.

“Tidak penting gitu pinjamannya, tapi dia tetap ambil,” kata dia ketika ditemui di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Ia menekankan, seseorang yang telah berani mengambil pinjaman berarti harus mengembalikan pinjaman tersebut.

Selain itu, masyarakat dinilai belum dapat meminjam secara pintar. Beberapa peminjam hanya memikirkan kesenangan sesaat saja tanpa berpikir soal konsekuensinya.

“Selama mindset masyarakat belum berubah, segala bentuk pinjaman yang sifatnya konsumtif itu tetap ada,” imbuh dia. Menurut Nadia, untuk keperluan konsumtif masyarkat sebaiknya menabung terlebih dahulu, alih-alih mengajukan pinjaman.

“Kecuali memang pinjaman usaha yang memang tahu secara pasti ada potensi menghasilkan uang dan cara bayarnya bagaimana, itu silakan,” terang dia.
Sebagai informasi, pinpri adalah penawaran pinjaman pribadi dari orang perseorangan ke pribadi lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari pinjaman pribadi atau pinpri yang dapat diperhatikan:
1. Ada biaya yang harus dibayar di awal perjanjian
2. Bunga pinjaman tinggi 35-40 persen
3. Jatuh tempo pinjamannya berkisar 24-48 jam
4. Pencairan dana pinpri kurang dari satu hari
5. Ketika pinjaman macet, data pribadi peminjam akan disebarkan didunia maya Demikian adalah ciri-ciri dari pinjaman pribadi atau pinpri yang dapat diperhatikan masyarakat.**

Leave a reply