Jokowi: Izin Usaha Harus Selesai dalam Waktu 30 Menit, Bukan Berbulan-bulan!

0
152

BI – Dalam arahannya di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (30/10/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada para penjabat kepala daerah di seluruh Indonesia mengenai pentingnya menarik investasi ke daerah masing-masing. Menurutnya, pemerintah daerah harus menjaga iklim investasi dengan membantu mempercepat pelayanan perizinan usaha.

Jokowi meminta kepala daerah untuk mempercepat proses izin usaha ketika ada investor yang tertarik untuk berinvestasi di daerah mereka. Ia memberi contoh tentang Uni Emirat Arab yang mampu menyelesaikan proses izin usaha hanya dalam waktu 30 menit.

Menurut pengalamannya sebagai seorang pengusaha, Jokowi menceritakan bagaimana ia pernah mengurus izin usaha di Uni Emirat Arab dalam waktu singkat. Dia menjelaskan bahwa prosesnya sangat cepat dan bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit.

Jokowi khawatir bahwa jika proses izin di Indonesia masih memakan waktu berbulan-bulan, negara ini akan kesulitan bersaing dengan negara-negara lain yang lebih efisien dalam mendukung investasi. Ia juga mencatat bahwa persaingan untuk menarik investasi semakin ketat di seluruh dunia.

Presiden Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk tidak menyia-nyiakan peluang ketika ada investor yang ingin berinvestasi di daerah mereka. Ia menekankan pentingnya menyederhanakan prosedur perizinan, memfasilitasi investasi, menjaga tata kelola, dan menghindari pungutan yang berlebihan.

Investasi, menurut Jokowi, menjadi rebutan di antara berbagai negara, dan tujuannya adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara mereka. Oleh karena itu, ia mendorong agar perizinan usaha dibuat lebih sederhana dan efisien untuk mendorong investasi yang lebih banyak ke Indonesia.**

Leave a reply