Jawa Timur Raih Prestasi Luar Biasa di Lomba Tenaga Kerja Konstruksi Nasional

0
61

BI – Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah berhasil meraih predikat juara umum I dalam Lomba Tenaga Kerja Konstruksi tingkat Nasional yang diselenggarakan dalam ajang ‘Konstruksi Indonesia 2023.’ Lomba tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Ditjen Bina Konstruksi, Kemen-PUPR) Republik Indonesia. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kontribusi tenaga kerja yang diperkuat oleh Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Malang Raya.

Final lomba ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 3 November 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jalan Benyamin Suaeb nomor 1, kecamatan Pandemangan, Jakarta.

Rio Basuki, yang menjabat sebagai Koordinator Pembantu Penyedia Tenaga Kerja untuk Jatim, menyambut dengan gembira pencapaian luar biasa Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum I dalam ajang Konstruksi Indonesia 2023.

“Prestasi ini pastinya akan menambah pengalaman bagi peserta lomba atau kompetisi dalam dunia konstruksi yang berkembang di Indonesia, karena kompetisi ini merupakan final di tingkat Nasional,” ungkap Rio pada Sabtu (04/11/2023).

Selama tiga hari kompetisi final, terdapat empat kategori yang bersaing, yaitu Rumah Mini, Building Information Modeling (BIM), Juru Ukur, dan Operator Excavator.

Sebelum mencapai tahap final, para peserta telah mengikuti seleksi ketat yang dilakukan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I-VII. BJKW ini tersebar di tujuh lokasi, yaitu Banda Aceh, Palembang, Jakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Jayapura. Gapeksindo Malang Raya memberikan dukungan dengan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Kerja untuk berkompetisi. Akhirnya, dengan keberhasilan ini, Provinsi Jawa Timur meraih predikat juara umum.

Rio berharap bahwa kompetisi ini akan meningkatkan pemahaman tentang teknologi konstruksi, baik dalam pembangunan gedung maupun infrastruktur, bagi tenaga kerja dari Gapeksindo Malang Raya dan Jawa Timur. Selain itu, ia berharap bahwa tenaga kerja dari Malang Raya dan Jawa Timur akan dapat berperan aktif dalam kancah nasional.

Berikut adalah daftar pemenang dari Provinsi Jawa Timur dalam ajang Konstruksi Indonesia 2023 Kementerian PUPR RI:

Juara 1 Jabker Tukang Cat diraih oleh Misnan.
Juara 2 Jabker Plumbing diraih oleh Gunawan Heri Setiawan.
Juara 3 Jabker Baja Ringan diraih oleh Dedik Harianto.
Juara 2 Jabker Tukang Ubin diraih oleh Choirul Anwar.
Juara 1 Jabker Tukang Bata diraih oleh Pawit.
Juara 1 Jabker Pelaksana Gedung diraih oleh Agung Dwik Prasetyo.
Juara 2 Rumah Mini diraih oleh Provinsi Jawa Timur.
Juara 1 BIM diraih oleh Provinsi Jawa Timur.
Juara 3 Excavator diraih oleh Provinsi Jawa Timur.

Leave a reply