IBF 2023: Membangun Kemandirian Bangsa melalui Industri Baja

0
55

BI – Dalam ICE BSD, Tangerang, The Indonesian Iron & Steel Industry Association (IISIA) bersinergi dengan Kadin Indonesia untuk menggelar IISIA Business Forum (IBF) 2023, acara tahunan yang mempertemukan seluruh stakeholder di industri baja nasional.

Mewujudkan visi menciptakan sinergi di antara pelaku industri baja, IBF 2023 menjadi platform utama bagi pertukaran ide dan solusi terhadap permasalahan, serta memberikan masukan kritis terkait kebijakan pengembangan industri baja nasional guna mencapai kemandirian bangsa.

Ketua IISIA, Purwono Widodo, menyatakan harapannya bahwa IBF 2023 akan menjadi wadah bagi seluruh stakeholder industri baja untuk bersinergi, mencari solusi bersama, dan memberikan masukan berharga terkait kebijakan pembangunan industri baja nasional.

Dalam pernyataan resmi, ia menekankan pentingnya kolaborasi di tengah dinamika ekonomi global. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, pada tanggal 9-11 November 2023, dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang.

IBF 2023 menghadirkan 110 peserta pameran, terdiri dari 76 perusahaan, 4 kementerian, 16 asosiasi, 4 perguruan tinggi, dan 15 UMKM. Dukungan dari 51 sponsor, baik perusahaan nasional maupun asing, juga menjadi bukti nyata dukungan terhadap inisiatif ini.

IBF 2023 tidak hanya menyajikan pameran, tetapi juga menghadirkan 30 narasumber dengan beragam latar belakang, termasuk 11 pembicara dari kementerian, 6 pembicara dari perusahaan, 5 pembicara internasional, dan 2 pembicara akademisi.

Opening Ceremony IBF 2023 diramaikan dengan kehadiran Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto, yang menyampaikan informasi bahwa pertumbuhan industri baja mencapai 10,86% yoy di Triwulan III 2023.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menekankan peran utama industri baja dalam memasok bahan baku vital untuk pembangunan di berbagai sektor. Neraca perdagangan Indonesia menunjukkan tren surplus, dengan besarnya USD27,75 miliar hingga Triwulan III 2023, yang sebagian besar berkontribusi dari sektor besi dan baja.

Menutup serangkaian acara, Plh. Ketua Umum KADIN Indonesia, Yukki N. Hanafi, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan IBF 2023 dan mendorong IISIA untuk terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan industri baja nasional.

Sebagai tambahan, pengumuman pemenang kompetisi Green Steel Building turut menandai keberhasilan IBF 2023, menunjukkan komitmen industri baja terhadap inovasi dan keberlanjutan.

Leave a reply