BPS Jatim Catat Data Ekspor-Impor di November 2023

0
29

BI – Perekonomian Provinsi Jawa Timur masih stabil pada bulan November 2023, menurut laporan terbaru dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Meskipun nilai Purchasing Managers Index (PMI) untuk mitra dagang utama seperti Tiongkok, India, Amerika Serikat, Jepang, dan Thailand belum menunjukkan perubahan signifikan, fokus pada komoditas ekspor unggulan, yakni udang, menjadi sorotan utama.

Berdasarkan data BPS Jatim, udang tetap menjadi andalan ekspor Provinsi Jawa Timur, meski diperlukan langkah-langkah antisipasi untuk menjaga keunggulannya. Adanya tuduhan dumping dan praktik subsidi di pasar Amerika Serikat menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk menjaga daya saing udang sebagai komoditas unggulan.

Tidak hanya itu, perhatian juga tertuju pada impor gula yang dipengaruhi oleh produksi gula nasional yang diperkirakan turun akibat dampak El Nino. Pemerintah telah mengambil langkah dengan melakukan impor gula konsumsi dan mentah sebanyak 1,01 juta ton tahun ini melalui 16 perusahaan, baik milik negara maupun swasta, sebagai upaya antisipatif.

Meskipun terjadi penurunan nilai impor HS2 untuk golongan Serealia, namun terjadi peningkatan nilai impor beras pada bulan November 2023 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Stok beras impor tersebut akan digunakan oleh Bulog untuk memenuhi kebutuhan beras di daerah-daerah yang mengalami defisit beras di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia lainnya. Dengan demikian, berbagai upaya strategis terus dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan menghadapi tantangan yang muncul di sektor perdagangan dan pertanian.

Leave a reply