BLT El Nino Sudah Disalurkan Rp 6,72 T, Begini Cara Cek Penerimanya

0
35

BI-Pemerintah telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino Rp 6,72 triliun atau 89,36% dari target hingga 21 Desember 2023. Sampai akhir tahun diharapkan seluruh bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

“Upaya tersebut merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam menjaga daya beli dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi kelompok rentan, serta menjadi bentuk implementasi dari penerapan ekonomi Pancasila,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2023).

Dalam hal penyaluran BLT El Nino, pemerintah menggandeng PT Pos Indonesia. Mengingat jaringannya yang berada pada setiap kota/kabupaten sehingga diharapkan dapat mendorong ketepatan sasaran.

“Saya ke lapangan kita tanyakan langsung ke masyarakat, perlu dilanjutkan atau tidak, apakah ini tepat sasaran, dan tadi setelah dicek dengan dialog ternyata mereka sangat membutuhkannya,” tutur Airlangga.

Sebagai informasi, BLT El Nino disalurkan mulai November-Desember 2023 dengan besaran Rp 400 ribu per 2 bulan. Bantuan akan menyasar kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Cara Cek Penerima BLT El Nino:
1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos.

2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP).

4. Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode.

5. Jika kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru.

6. Setelah itu, klik “cari data”.

7. Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.

8. Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus “ya”.**

Leave a reply