Baca Tips dari OJK, Kalau Calon Mertua Tanya Rumah, Kamu Sudah Siap Jawabannya

0
188

Yo, bro and sis! Mau denger gak sih gimana caranya punya crib sendiri tanpa bikin kantong jebol? Simak yuk!

Jadi gini, Kamu pasti sering denger kan, kalo calon mantu idaman itu harusnya udah punya rumah sendiri. Itu tuh, omongan yang bikin kita minder banget pas mau PDKT sama gebetan.

Tapi, bro, jangan down dulu. Harga-harga kebutuhan yang naik tiap tahun, apalagi harga properti yang makin nggak kira-kira, emang bikin kita mikir dua kali buat beli rumah. Nabung kayaknya gak mungkin kekumpul dalam waktu dekat.

Nah, tapi jangan stress dulu, gaes. Ada yang namanya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tau gak? Itu loh, fasilitas dari bank yang bisa bantu Kamu dapetin rumah impian dengan cara dicicil. Fleksibel banget, bisa sampe 20 tahun atau sesuai kemampuan kamu bayar.

Jadi, beli rumah tuh gak seserem yang kamu bayangin paham kan? Oke sekara kamu simak.tips dari OJK ini ya jangan sampai kamu gak baca.

Kamu bisa milih nih, mau KPR yang biasa atau yang syariah. Sekarang juga banyak banget developer yang nawarin cicilan langsung tanpa bank, pake akad syariah yang namanya Istishna. Itu tuh, jual beli barang yang dibikin sesuai pesanan kamu, bayarnya juga bisa disesuaikan.

Tapi inget ya, kalo kamu milih cicil langsung ke developer, kamu gak perlu BI Checking dari Bank Indonesia. Tapi, kamu harus tetep cek diri sendiri, bisa gak kamu bayar cicilan tiap bulan. Jangan sampe kamu gagal bayar nanti.

Dan satu lagi, kalo ada masalah sama developer, kamu gak bisa lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), soalnya gak ada peran bank di situ.

Sekarang, kamu yang milih mau pake fasilitas yang mana. Tapi, jangan lupa cek dulu, aman gak sih cicilan atau pembiayaan yang kamu pilih? Ada syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatiin.

Pastiin juga kamu cek track record developer sebelum kamu putusin beli properti. Soalnya, banyak banget kasus developer yang bikin konsumen kecewa.

Nah, buat kamu yang pengen lunasin KPR, ini nih beberapa tips:

1. Hitung dulu, sanggup gak kamu bayar cicilan tiap bulan. Jangan sampe kamu kejebak kredit macet gara-gara beli rumah yang gak sesuai kemampuan kamu

2. Pastiin penawaran dari salesman bank itu sesuai sama yang tertulis di brosur atau iklan.

3. Siapin juga buat biaya-biaya lain selain DP, kayak biaya admin, pajak, asuransi, dan lain-lain.

4. Kalo kamu punya duit lebih, mendingan dipake buat bayar atau lunasin KPR kamu Tapi, cek dulu ya, ada keuntungan atau biaya tambahan gak kalo kamu lunasin lebih cepat.

Gimana, siap wujudin rumah impian kamu? Jangan nunda-nunda lagi, yuk mulai dari sekarang!.***

Leave a reply