Dolar Tembus Rp16 Ribu, Apa Dampak Terhadap Investasi Emas

0
261

Investasi emas selalu menjadi pilihan populer di kalangan investor karena kekebalannya terhadap inflasi. Banyak investor memilih untuk mengalokasikan aset mereka ke dalam emas, yang nilai jualnya cenderung meningkat meskipun mengalami fluktuasi harian

Faktor utama yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar dolar AS. Harga emas lokal dan nilai tukar rupiah juga terikat erat dengan pergerakan nilai dolar. Mari kita jelajahi hubungan antara nilai tukar dolar, rupiah, dan pengaruhnya terhadap harga emas.

Keterkaitan Nilai Tukar Dolar AS dan Harga Emas

Harga emas dikenal berubah setiap saat, sedangkan harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh harga emas global, yang juga terpengaruh oleh nilai tukar dolar AS. Memahami pengaruh nilai tukar dolar terhadap harga emas adalah kunci bagi investor yang ingin memaksimalkan keuntungan dari investasi emas.

Secara umum, harga emas dan dolar AS memiliki hubungan yang berlawanan. Ketika Federal Reserve AS mengeluarkan kebijakan yang menguatkan dolar, harga emas global dan lokal cenderung menurun. Sebaliknya, jika nilai dolar melemah, harga emas akan naik.

Efek ini berasal dari sistem Gold Standard yang diperkenalkan oleh Inggris pada tahun 1717 dan berakhir pada tahun 1971. Meskipun hubungan langsung antara emas dan dolar tidak lagi ada, masih terdapat efek psikologis yang signifikan. Beberapa alasan di balik hubungan terbalik antara harga emas dan nilai tukar dolar AS adalah:

– Ketika nilai dolar AS menurun, nilai mata uang lain meningkat, yang meningkatkan permintaan untuk komoditas seperti emas.
– Penurunan nilai dolar mendorong investor untuk mencari alternatif investasi yang lebih stabil, seperti emas, terutama selama resesi ekonomi.

Pengaruh Nilai Tukar Dolar dan Rupiah terhadap Harga Emas Lokal

Dari Laman OJK, ditulis bahwa di Indonesia, fluktuasi harga emas lokal juga dipengaruhi oleh stabilitas nilai tukar dolar. Harga emas lokal mengikuti harga emas internasional yang dikonversi ke rupiah. Pergerakan rupiah terhadap dolar AS menentukan naik turunnya harga emas lokal. Akibatnya jika rupiah melemah, harga emas lokal akan naik, dan sebaliknya.

Memahami korelasi antara nilai tukar dolar, rupiah, dan pengaruhnya terhadap harga emas dapat membantu investor membuat keputusan yang tepat. Menurut Logam Mulia, harga emas ANTAM LM menunjukkan peningkatan yang menjanjikan, menjadikannya waktu yang ideal untuk memulai investasi emas.

Emas ANTAM LM dapat dibeli langsung di gerai BELM atau secara online melalui Linktree Logam Mulia. Untuk pertanyaan atau bantuan terkait produk dan transaksi emas ANTAM LM, hubungi Call Center 0804-1-888-888 atau layanan Whatsapp Pelanggan ALMIRA (ANTAM LM Virtual Assistant) di 0811-1002-002 (hanya chat).***

Leave a reply