BRIN Sosialisasikan Aplikasi SeBaRis untuk Mendorong Peran Lembaga Riset di Industri

0
92

BI – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan aplikasi Sistem Registrasi Lembaga Riset Berbadan Hukum (SeBaRis) kepada pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Timur. Acara yang bertajuk “Koordinasi dan Sosialisasi Sistem Registrasi Lembaga Riset Berbadan Hukum (SeBaRis)” digelar di kantor Kadin Jatim, Surabaya pada hari Rabu, 12/7/2023.

SeBaRis pertama kali dirilis oleh BRIN pada 16 Mei 2023. Aplikasi ini bertujuan untuk mendorong lembaga riset non-pemerintah agar lebih aktif dalam dunia industri. Dengan SeBaRis, diharapkan dapat diketahui jumlah, sebaran, kompetensi, dan kualitas lembaga riset di seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, BRIN menjelaskan manfaat SeBaRis bagi pengusaha, seperti fasilitas, SDM periset, dana riset, tax deduction, dan e-catalog inovasi. Selain itu, dijelaskan pula tentang alur pelaporan dan permohonan tax deduction riset guna mendorong partisipasi yang lebih luas dalam riset dan inovasi.

Dalam rangka meningkatkan efisiensi pengumpulan data, Deputi Kebijakan Riset dan Inovasi BRIN sedang menyusun Indeks Potensi Lembaga Riset Nasional. Indeks ini akan mengukur kekuatan sumber daya manusia dan pendanaan yang mendukung riset nasional. BRIN juga akan memfasilitasi registrasi sukarela lembaga riset di luar BRIN, yang akan menjadi dasar penting dalam pembuatan kebijakan pembangunan nasional di bidang sains, teknologi, dan inovasi (STI).

BRIN berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan pemanfaatan SeBaRis melalui sosialisasi yang masif dan berkelanjutan. Tujuannya adalah agar semakin banyak pihak yang mengenal dan memanfaatkan SeBaRis secara optimal, guna mendukung kemajuan riset dan inovasi di Indonesia.

Dengan adanya sosialisasi dan penggunaan SeBaRis yang lebih optimal, diharapkan kolaborasi antara lembaga riset dan dunia industri dapat semakin erat, mempercepat kemajuan riset, serta mendorong inovasi yang lebih berdaya saing di Indonesia.

Leave a reply