Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Untuk Indonesia Lebih Bersih dan Maju

0
294

BI -Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) menggandeng perusahaan besar LeMinerale untuk menyelenggarakan program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) sebagai solusi untuk mengurangi sampah plastik.

Tujuan utama dari program GESN adalah untuk meningkatkan jumlah serapan botol plastik bekas di Indonesia, dengan dipilah dan dikumpulkan menjadi bahan baku untuk didaur ulang oleh industri yang tergabung di ADUPI.

Proses pengumpulan sampah botol plastik hingga diolah menjadi produk baru merupakan sistem rantai ekonomi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga industri daur ulang harus berperan aktif.

Maka dari itu ADUPI terus mengembangkan jaringannya agar bisa merambah banyak daerah.

Di tahun pertamanya di tahun 2021, program ini sudah berjalan di Jabodetabek, Banten serta Jawa Barat dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para mitra GESN yang terdiri dari para pelaku daur ulang plastik seperti pengepul sampah, bank sampah serta pabrik daur ulang.

Bersama 7 mitra GESN yang terdiri dari para pengusaha pengepul dan bank sampah induk, telah berhasil meningkatkan serapan botol plastik dengan rata-rata 200% dari kapasitas awal mereka.

Per 31 Desember 2021, tercatat lebih dari 4.000 ton botol plastik telah dikumpulkan oleh 7 mitra GESN dengan menghidupi 485 pengepul kecil dan pemulung, membuka 139 lapangan pekerjaan dan didaur ulang oleh 23 industri anggota ADUPI.

Pada tahun 2022, program GESN memperluas cakupan wilayah hingga ke Jawa Timur, Bali dan Lombok.

ADUPI pun terus melakukan panduan, pelatihan dan pendampingan mitra untuk pengurusan legalitas usaha, operasional sortir material plastik, manajemen usaha serta manajemen keuangan secara berkala.

Tidak hanya itu di program GESN ini juga memberikan modal usaha hingga ratusan juta kepada mitra.

Dengan segala perannya untuk mengurangi sampah, tidak heran jika pada 16 Agustus 2022, ADUPI mendapatkan penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Prof. Dr, Ir. Siti Nurbaya Bakar, M,Sc atas kegiatan-kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dengan pengurangan sampah.**

Leave a reply